Pertamina Remajakan 22 Kapal Tanker, Tekan 2,8 Juta Ton CO2 per Tahun

Happy Fajrian
19 Januari 2024, 16:22
pertamina, kapal tanker migas, emisi karbon
Dok. PT Pertamina International Shipping (PIS)
Kapal tanker migas milik PT Pertamina International Shipping (PIS).
Button AI Summarize

Pertamina (Persero) melalui anak usaha Pertamina International Shipping (PIS) meremajakan 22 unit kapal tanker demi menekan emisi karbon hingga 2,8 juta ton CO2 per tahun pada 2030.

“Kami lakukan dengan peremajaan armada yakni bisa dijual kemudian membeli yang baru atau membuat kontrak baru,” kata Direktur Armada PIS Muhammad Irfan Zainul Fikri di sela konferensi Bali Ocean Days di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (19/1).

Dia menjelaskan saat ini pihaknya mengoperasikan sebanyak 370 kapal tanker untuk distribusi energi baik domestik maupun internasional. Dari jumlah itu, 98 unit kapal tanker di antaranya merupakan milik sendiri dan sisanya merupakan kapal sewa.

Hingga saat ini, kata dia, lima unit kapal tanker sudah dijual di wilayah Indonesia dengan skema lelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Meski tidak menyebutkan rinciannya nilai jual keseluruhan, ia memberikan gambaran nilai jual per unit untuk ukuran kapal tanker dengan bobot mati hingga 80 ribu ton menembus Rp 78 miliar dan kapal ukuran lebih kecil mencapai Rp 13 miliar.

Kapal yang dijual itu merupakan kapal berusia tua atau berusia di atas 25 tahun yang boros konsumsi bahan bakarnya.

“Kapal tua yang kami jual itu kemudian diganti dengan kapal lebih baru, lebih muda, dan tentu dengan konsumsi bahan bakar lebih rendah, harapannya semakin sedikit BBM yang dibakar, semakin sedikit emisi yang terbuang dalam bentuk CO2,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...