Harga Nikel Bulan Ini Naik, Terdampak Geopolitik dan Kurangnya Pasokan

Mela Syaharani
26 April 2024, 14:51
harga nikel, nikel,
Katadata/ Wahyu DJ
Aktivitas pabrik pengolahan Nikel milik PT Vale Indonesia (INCO) di wilayah Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
Button AI Summarize

Menurut data London Metal Exchange (LME), harga nikel pada April 2024 menunjukkan tren kenaikan. Ketua Umum Perhimpunan Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli mengatakan hal ini disebabkan oleh beberapa hal.

“Bisa karena geopolitik global saat ini yang tidak menentu dan perang di Ukraina dan Israel-Iran yang memberikan dampak ketidakpastian terhadap ekonomi global. Adanya sanksi terhadap nikel Rusia oleh US dan Inggris yang berakibat Rusia tidak bisa ekspor nikel ke LME,” kata Rizal kepada Katadata.co.id pada Kamis (25/4).

Selain geopolitik, kenaikan juga disebabkan oleh kondisi suplai nikel saat ini. “Karena kekurangan stok di pasar, inventory berkurang. Kemudian suplai dari produsen nikel seperti Indonesia, Australia dan lain-lain,” ujarnya.

Kekurangan suplai ini imbas dari beberapa penutupan tambang nikel di Australia akibat penurunan harga nikel global. Rizal menyebut penutupan tersebut akan berpengaruh terhadap supply.

“Khusus Indonesia karena banyak perusahaan yang belum mendapatkan pengesahan RKAB sehingga menyebabkan ketidakpastian suplai,” ucapnya.

Senada, Direktur Eksekutif Reforminer Komaidi Notonegoro juga mengatakan bahwa naiknya tren harga nikel dipengaruhi kondisi geopolitik.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...