Progress Pembangunan Stasiun MRT Thamrin dan Monas Capai 37%

Andi M. Arief
28 April 2022, 14:29
Petugas melintas di deket kereta MRT Ratangga yang siap dioperasikan di Depo MRT Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Pemeriksaan dan perawatan kereta MRT Jakarta yang dilaksanakan secara harian, bulanan hingga empat tahunan untuk perawatan b
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas melintas di deket kereta MRT Ratangga yang siap dioperasikan di Depo MRT Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Pemeriksaan dan perawatan kereta MRT Jakarta yang dilaksanakan secara harian, bulanan hingga empat tahunan untuk perawatan berat, agar moda transportasi tersebut dapat beroperasi secara optimal dan tepat waktu.

Pembangunanan Stasiun MRT Thamrin dan Monas saat ini mencapai progress 37%. Dua stasiun tersebut merupakan bagian dari pembangunan MRT tahap 2A sepanjang 6,3 km.

Stasiun Monas telah masuk ke tahap pengecoran dan penggalian area beranda peron stasiun. Sedangkan Stasiun Thamrin berada dalam tahap pemasangan segmen permanen. Sementara stasiun MRT tahap 2A lainnya yang akan dibangun adalah Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

"Kami tengah tengah membangun konstruksi tahap 2A. Konstruksi ini akan memperpanjang jalur eksisting hingga Stasiun Kota dengan tambahan tujuh stasiun baru," kata Direktur Utama PT. MRT Jakarta William Sabandar, Rabu (27/4).

Dia mengatakan, konstruksi hingga Stasiun Harmoni dijadwalkan rampung pada Maret 2025. Sedangkan konstruksi Stasiun Harmoni - Stasiun Kota dijadwalkan selesai pada  Agustus 2027. 

William mengatakan, uji kelayakan Fase 2B Kota-Ancol sepanjang 6 Km telah rampung pada 2020. Saat ini, MRT Jakarta sedang dalam proses pengajuan pinjaman dengan Badan Kerjasama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA).

Adapun, seluruh jalur MRT eksisting dan yang sedang dibangun merupakan bagian dari proyek North-South. Selanjutnya, MRT Jakarta berencana untuk membangun jalur yang membelah Ibu Kota atau jalur east-west yang menjadi Fase 3 pembangunan MRT Jakarta

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...