Pandu Sjahrir Usul Teknologi Cegah Pencemaran Industri Mobil Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Agustus 2022, 15:54
Pandu Sjahrir, mobil listrik, katadata safe 2022
Katadata
CEO Electrum Pandu Sjahrir dalam Katadata SAFE 2022, Rabu (24/8).

Perlu ada pemantauan dampak lingkungan terhadap proses industri kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. CEO Electrum Pandu Sjahrir mengatakan dapat memanfaatkan teknologi untuk mencegah pencemaran lingkungan dari proses tersebut.

Ekosistem kendaraan listrik ini dimulai dari hulu dengan penambangan dan pengolahan nikel sebagai bahan baku baterai. "Penggunaan teknologi bisa memonitoring penilaian standar yang bagus dari hulu dan hilir di mana energi dan teknologi bisa menjadi satu," kata Pandu webinar Sustainability Action For The Future Economy (SAFE) 2022 atau Katadata SAFE 2022 dengan tema "Recover Stronger Recover Sustainable", Rabu (24/8).

Dia menyatakan bahwa kendaraan listrik bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat dalam bentuk penghematan dalam konsumsi energi bahan bakar fosil. Pandu juga mengatakan, seiring waktu harga kendaraan listrik semakin bersaing dengan harga kendaraan bahan bakar minyak.

Kendaraan listrik juga dinilai bisa menekan beban pengeluaran negara untuk subsidi energi fosil, seperti pembelian impor minyak mentah dan gas bumi. "Kalau misalnya semua pakai motor listrik maka tidak perlu lagi ada subsidi silang kepada minyak saat ini," ujar Pandu.

Sehingga, kata Pandu, anggaran subsidi dan kompensasi energi tersebut dapat dipakai untuk investasi jangka panjang ke infrastruktur atau pendidikan.

Sebelumnya, perusahaan patungan antara Gojek dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), yang fokus pada upaya mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik roda dua, Electrum, rencananya akan menjajal peluang ke arah bisnis pengembangan kendaraan listik roda empat atau mobil di Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...