Pengusaha Ritel Ungkap akan Bangun hingga Tiga Mal di IKN

Nadya Zahira
8 Juni 2023, 21:59
ikn, ibu kota nusantara, mal, pusat perbelanjaan
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Pekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).

Pemerintah saat ini tengah menggenjot pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, hingga saat ini progresnya sudah mencapai 29%. Salah satu infrastruktur yang direncanakan akan dibangun yaitu mal atau pusat perbelanjaan.

Ketua Umum Hippindo Budiharjo Induansjah mengatakan, nantinya di IKN akan dibangun pusat perbelanjaan atau Mal. "Mal yang sudah masuk di IKN itu ada 2-3. Sudah direncanakan akan dibangun," ujar Budiharjo saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (8/6).

Budiharjo mengatakan, investor yang akan membangun mal di IKN tersebut berasal dari dalam dan luar negeri dan sudah ada Letter of Intent atau LoI. "Tapi saya tidak bisa sebutkan dari mana asal investornya, karena ini masih rencana," kata dia.

Namun demikian, dia belum bisa menyebutkan besaran investasi dari pembangunan mal tersebut. Pasalnya hal tersebut masih sebatas rencana.

Progres Pembangunan IKN

Sebelumnya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan IKN merupakan proyek multiyears atau tidak bisa dilakukan dalam waktu setahun. Dengan demikian, Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran proyek tersebut untuk tahun depan.  

Menurut Basuki, saat ini 35 dari 75 paket proyek pembangunan IKN tahap pertama telah berjalan. Sementara 40 paket lainnya diharapkan mulai berjalan bulan depan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...