Pemerintah Segera Bangun Pasar dan Arena Publik di Manokwari Papua

Nadya Zahira
17 Juli 2023, 08:50
Papua, pasar papua, kementerian pupr
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/aww.
Sejumlah penari menampilkan tari Isosolo dalam Festival Danau Sentani ke-13 di Pantai Khalkote, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (5/7/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR akan segera memulai pembangunan dua Proyek Strategis Nasional atau PSN di Manokwari, Papua Barat. Keduanya yakni pembangunan Pasar Sanggeng dan penataan Kawasan Arena Publik Borarsi di Manokwari.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, pembangunan kedua proyek tersebut bertujuan mendukung perekonomian warga lokal di Manokwari, Papua Barat.

"InshaAllah pembangunannya bisa dimulai Agustus dan dilaksanakan selama 11 bulan sehingga bisa selesai Juli 2024," kata Diana melalui akun Instagram @kemenpupr, Senin (17/7).

Dia menjelaskan, Pasar Sanggeng merupakan pasar tertua di Kabupaten Manokwari dengan luas lahan 27.809 meter persegi. Pasar ini mengalami kebakaran pada 2018.

Oleh karena itu, akan dilakukan rekonstruksi bangunan dengan tata kelola yang layak dan memadai guna meningkatkan perekonomian rakyat dan Pendapatan Asli Daerah Manokwari. 

“Pembangunan pasar ini akan menggunakan konsep bangunan green building, mengacu pada Pasar Pon di Trenggalek. Bagian tengah bangunan pasar juga akan dibuka agar arus sirkulasi udara dan cahaya bisa masuk," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...