Marak Gerai Ritel Tutup, Konsultan Bagikan Rahasia Diserbu Pengunjung

Nadya Zahira
25 Juli 2023, 13:47
Petugas keamanan melintas di gerai Transmart yang tutup di ITC Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (25/1).
Nadya Zahira/Katadata
Petugas keamanan melintas di gerai Transmart yang tutup di ITC Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (25/1).

Beberapa pusat perbelanjaan sepi pengunjung hingga berujung tutup permanen. Padahal pusat perbelanjaan tersebut menyediakan berbagai aneka ragam produk dan juga wahana permainan.

Konsultan properti Jones Lang LaSalle atau JLL Indonesia mengungkapkan beberapa strategi untuk menarik pengunjung agar pusat perbelanjaan kembali pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.

Head of Research JLL Indonesia Yunus Karim mengatakan untuk mengatasi kondisi mal yang sepi, maka pengembang atau operator mal/pusat perbelanjaan harus mengetahui sasaran konsumen.

Pengembang dan operator pusat perbelanjaan harus mengikuti dan paham tren gaya hidup konsumen. “Pertama, operator juga harus up to date untuk mengetahui tren apa yang sedang berkembang,” ujar Yunus dalam JLL Indonesia Media Briefing secara virtual, Selasa (25/7).

Dia mencontohkan, jika operator atau pengenbang mal menargetkan pasar milenial, maka perlu memperbanyak tenant yang berkaitan dengan milenial.

Kemudian, setelah paham tren dari target pasar, maka pengembang atau operator mal membuat strategi promosi agar bisa menarik target sesuai dengan yang diharapkan.

“Memang kuncinya adalah mengenai strategi tenancy mix dan mengetahui pasar mana yang mau dituju. Know your visitor, dan siapa sih target market?” ujar Yunus.

Berdasarkan data JLL Indonesia, total tambahan ruang pusat perbelanjaan di Jakarta sebesar 115.000 sqm. Sektor yang saat ini aktif berekspansi di tengah terbatasnya pusat perbelanjaan yakni sektor makanan dan minuman atau food and beverage/FnB dan entertainment.

Dua sektor tersebut sangat diminati dan dicari oleh masyarakat, karena saat ini masyarakat membutuhkan pengalaman berbelanja. “Tenant berusaha berkreasi agar bagaimana caranya menarik pengunjung,” kata Yunus.

Transmart Blok M Square Tutup Permanen

Pusat perbelanjaan Transmart sedang hangat dibicarakan oleh warganet di twitter karena beberapa gerainya sepi hingga tutup permanen. Kabar terbaru, gerai Transmart di Blok M Square tutup permanen.

Vice President Corporate Communication Trans Retail Indonesia Satria Hamid menyampaikan, pihaknya resmi menutup gerai Transmart cabang Blok M Square pada 31 Maret 2023.  Langkah ini diambil setelah berdiskusi secara intensif dengan manajemen pengelola Blok M Square.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...