Pengusaha Industri Mamin Prediksi Harga Gula Naik 10% Tahun Depan

Nadya Zahira
2 Agustus 2023, 16:51
Pekerja melakukan bongkar muat gula kristal putih impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Holding Pangan ID Food mendatangkan Gula Kristal Putih (GKP) impor tahap pertama sebanyak 107.900 ton untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Pekerja melakukan bongkar muat gula kristal putih impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Holding Pangan ID Food mendatangkan Gula Kristal Putih (GKP) impor tahap pertama sebanyak 107.900 ton untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga gula serta memenuhi kebutuhan saat Ramadhan dan Lebaran sesuai penugasan dari Badan Pangan Nasional.

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia atau Gapmmi memprediksi harga gula di Indonesia akan naik hingga 10% pada tahun depan. Ketua Umum Gapmmi Adhi S. Lukman mengatakan kenaikan tersebut akibat harga gula dunia yang masih tinggi.

“Harga gula itu sudah tinggi naiknya dari dulu, tahun lalu aja naiknya 30%, tetapi diprediksi untuk tahun depan perkiraan naiknya akan sampai 10%,” ujar Adhi saat ditemui di Jakarta, Rabu (2/7). 

Dia mengatakan, penyebab harga gula dunia masih tinggi lantaran adanya cuaca ekstrem El Nino yang terjadi pada Agustus-September 2023. Selain itu, kenaikan harga dipengaruhi oleh India yang mengurangi jumlah ekspor gulanya dari 11 juta ton menjadi hanya 6,1 juta ton. 

Adhi menuturkan, kebijakan India tersebut menyebabkan stok gula global menjadi turun. Untuk diketahui, India paling banyak mengekspor gula ke Bangladesh, Malaysia, Sudan, Somalia dan Uni Emirat Arab.

Disisi lain, dia juga memprediksi harga gula global atau dunia akan lebih mahal dari pada Harga Pokok Penjualan atau HPP yang ditentukan di Indonesia. Adapun HPP gula saat ini Rp 12.500 per kilogram atau kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...