Seberapa Murah Barang di Tiktok Shop hingga Dianggap Mengganggu Pasar?

Agustiyanti
25 September 2023, 18:06
tiktok shop, social e-commerce, tiktok
Unsplash
Pemerintah resmi melarang social e-commerce seperti TikTok Shop pada hari ini, Senin (25/9).

Lia sudah mengincar tas gunung atau carrier selama beberapa hari sebelum akhirnya memutuskan membelinya melalui Tiktok Shop. Ia mendapatkan harga lebih murah hingga Rp 300 ribu dibandingkan jika membeli dari e-commerce lainnya. 

Perempuan yang berdomisili di Jakarta ini memang punya kebiasaan membandingkan harga saat akan membeli barang di e-commerce. Apalagi, ia hanya butuh membuka ponselnya untuk membandingkan harga. Di ponselnya, tersemat enam aplikasi e-commerce. 

"Itu saya baru pertama kali belanja di Tiktok Shop dan kaget harganya bisa selisih Rp 300 ribu dari toko yang sama di e-commerce sebelah," ujar Lia kepada Katadata.co.id, Senin (25/4).

Lia bercerita, berbelanja di Tiktok Shop sebenarnya karena mendengar salah satu pedagang saat Live di e-commerce lain mengatakan harga barang yang ia tawarkan lebih murah di Tiktok. Ia pun lantas mengecek barang yang ingin ia beli di Tiktok. 

"Karena dengar ada pedagang yang cerita dia jual barang lebih murah di Tiktok, saya penasaran, lalu coba searching dan ketemu toko yang sama, harga lebih murah, memang karena promo juga sih" katanya. 

Thalia, 25 tahun, juga punya pengalaman serupa. Ia kini lebih sering berbelanja di Tiktok Shop karena harga barang yang dijual lebih murah dibandingkan e-commerce lain. "Case handphone di Tiktok Shop ada yang cuma Rp 9 ribu dan banyak yang di bawah Rp 30 ribu, gratis ongkir juga," kata dia.

Tak hanya pelindung handphone, menurut Thalia, banyak barang lain yang dijual lebih murah di Tiktok Shop. "Beli celana juga kemarin lebih murah di Tiktok Shop, kalau di tempat lain Rp 80 ribu, di Tiktok sekitar Rp 60 ribu," ujarnya. 

Tiktok Shop kini juga menjadi pilihan Rasia, 17 tahun saat ingin membeli barang. Ia sudah setahun terakhir menjadi konsumen e-commerce tersebut. 

"Pertama kali belanja di Tiktok itu tahun lalu beli skincare di official store, dapat diskon dari Rp 139 ribu jadi sekitar Rp 90 ribu. Ada teman bahkan beli serum bulu mata cuma Rp 7 ribu dari harga aslinnya sekitar Rp 50 ribu," kata Rasia. 

Menurut dia, rata-rata harga barang yang dijual di Tiktok memang lebih murah. Apalagi, Tiktok juga tidak mengenakan biaya layanan kepada konsumen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...