Kereta Cepat Whoosh Diresmikan 1 Oktober, Berapa Tarif Tiketnya?

Tia Dwitiani Komalasari
28 September 2023, 09:55
KCIC melalui kontraktor Kereta Api Cepat mulai menguji cobakan rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang KA Cepat relasi Jakarta-Bandung (4/7/2023). Pengujian sudah memasuki tahap selanjutnya yaitu pengujian untuk rangkaian Kereta Penum
KCIC
KCIC melalui kontraktor Kereta Api Cepat mulai menguji cobakan rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang KA Cepat relasi Jakarta-Bandung (4/7/2023). Pengujian sudah memasuki tahap selanjutnya yaitu pengujian untuk rangkaian Kereta Penumpang dengan pola uji coba belum diperuntukkan mengangkut penumpang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan pengoperasian kereta cepat 'Whoosh' rute Jakarta-Bandung pada Minggu, 1 Oktober 2023. Peresmian tersebut sekaligus menandai Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB mulai beroperasi komersial dan dapat diakses oleh publik.

"Soal kereta cepat, Presiden akan melakukan soft launching tanggal 1 Oktober," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada wartawan usai menghadari rapat terbatas mengenai Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (27/9).

Presiden Jokowi telah melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung pada 13 September 2023 . Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Berapa Tarif Kereta Cepat?

Meskipun akan beroperasi komersial, Luhut mengatakan pemerintah belum menentukan besaran harga tiket kereta cepat. Harga tiket KCJB kemungkinan baru diumumkan 1 Oktober 2023.

Menurut Luhut, pemerintah rencananya akan memberikan diskon tiket KCJB di awal beroperasi. "Presiden tadi bicarakan akan memberikan diskon bertahap. Prinsipnya, presiden ingin supaya kita bisa menikmati dengan harga bagus," ujar Luhut. 

Sebelumnya, Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia China, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan ada tiga kelas dalam tempat duduk KCJB yaitu VIP, first class, dan second class. KCIC mengusulkan tarif VIP dengan pengaturan tempat duduk 1-2 mencapai Rp 350.000.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...