Erick Thohir Sebut Indonesia Dulu Raja Gula, Kini Pengimpor Terbesar

Andi M. Arief
15 Desember 2023, 12:45
erick thohir, menteri BUMN, swasembada gula
Nyala Fajar/Ridho Alfajri
Menteri BUMN Erick Thohir meminta para pemangku kepentingan untuk bekerja sama mendorong swasembada gula pada 2030.

Menteri BUMN Erick Thohir menilai perkembangan industri gula di Indonesia dalam justru mengalami kemunduran beberapa tahun terakhir. Ia meminta para pemangku kepentingan untuk bekerja sama mendorong swasembada gula pada 2030.

"Kita dulu rajanya produsen gula, sekarang malah menjadi pengimpor terbesar. Presiden sudah ambil posisi soal industri gula, artinya komitmen kami jelas. Tinggal industrinya mau atau tidak,"  kata Erick dalam National Sugar Summit 2023, Rabu (13/12).

Erick mendata konsumsi gula nasional mencapai 7 juta ton per tahun. Namun, produksi gula di dalam negeri hanya mampu memenuhi 2,4 juta ton per tahun. Oleh karena itu, Erick menantang pelaku industri untuk memperbaiki diri.

Ia pun mengingatkan agar BUMN Pangan tidak menjadi menara gading dalam industri gula nasional.  BUMN Pangan akan diarahkan untuk bekerja sama dengan investor swasta dan meningkatkan kepastian bagi petani tebu.

Menurut Erick, pemerintah telah mengatur upaya untuk mendorong swasembada gula melalui Peraturan Presiden No. 40 Tahun 2023. Beleid tersebut akan membuat kompetisi di industri gula lebih baik. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...