Pengusaha Ungkap Penyebab Fasilitas Pajak Vokasi Kurang Laku

Andi M. Arief
21 Desember 2023, 15:21
shinta kamdani, apindo, super deduction tax
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani mengatakan, banyak pengusaha tak memanfaatkan super tax deduction karena harus melalui proses audit.

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo mengaku kesulitan memanfaatkan fasilitas super tax deduction untuk kegiatan vokasi karena syarat audit keuangan. Meski demikian, Apindo menekankan, para pelaku usaha manufaktur tetap melakukan pelatihan bagi siswa vokasi.

Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani mengatakan, banyak pengusaha tak memanfaatkan super tax deduction karena harus melalui proses audit. Selain itu, menurut dia, masih banyak pengusaha yang tidak mengetahui fasilitas pengurangan pajak tersebut.

"Pengusaha memilih untuk menahan menggunakan fasilitas tersebut daripada pusing memikirkan audit. Selain itu, pengusaha yang tahu super tax deduction vokasi  juga masih kurang dari 30%. Itu yang membuat angka belanja fasilitas tersebut tidak terlalu besar," kata Shinta di kantornya, Kamis (21/12).

Kementerian Keuangan memperkirakan nilai belanja super tax deduction hanya sekitar Rp 6 miliar pada tahun ini. Belanja perpajakan tersebut diperkirakan hanya akan naik menjadi Rp 7 miliar pada 2024 dan Rp 8 miliar pada 2025.

Ketentuan fasilitas super tax deduction tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 2021 dan Peraturan menteri Keuangan No. 128 Tahun 2019. Secara singkat, beleid tersebut akan mengurangi Pajak Penghasilan perusahaan hingga 200%.

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Darwoto mengakui super tax deduction vokasi menawarkan fasilitas pengurangan pajak yang besar secara kasat mata. "Namun kalau dihitung secara rinci, pengurangan pajak tersebut tidak seberapa," ujarnya.

Meski demikian, mehurut dia, tidak berarti pengusaha tidak menjalankan konsep link and match yang didorong pemerintah.
Selain untuk vokasi, pemerintah telah memberikan fasilitas super tax deduction hingga 300% untuk kegiatan penelitian dan pengembangan. Fasilitas tersebut telah terbit pada 2019, tetapi baru dimanfaatkan pengusaha pada 2022.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...