PDIP Diprediksi Enggan Gabung Koalisi Prabowo Jika Tak Dapat 3 Kursi

Ade Rosman
12 April 2024, 20:14
megawati, PDIP, gerindra, prabowo subianto
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/nym.
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dinilai tak menutup pintu komunikasi meski masih belum berkenan menjalin hubungan.
Button AI Summarize

Rekonsiliasi Partai Gerindra dengan Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) ditaksir tak akan berjalan mulus. Direktur Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai, koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka setidaknya perlu menyisihkan tiga kursi menteri untuk partai berlogo banteng bermoncong putih tersebut agar mau bergabung.

“Saya kira, tidak semudah itu PDIP akan bergabung. Jika pun mereka bergabung, setidaknya harus dapat tiga kursi kabinet. Sesuatu, yang saya kira, akan sulit diterima oleh koalisi Prabowo,” kata Ray saat dihubungi, Jumat (12/4).

Di sisi lain, Ray mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki karakter yang kukuh terhadap pendirian.

“Lebih dari sekedar hitung-hitung kursi, karakter Ibu Mega bukanlah model seperti itu. Seperti ketua umum parpol yang belum apa-apa sudah salam sana salam sini. Akibatnya, marwah turun, nama jatuh,” katanya.

Kedua kubu belakangan ini saling menjalin komunikasi. Hal itu, menurut Ray, menunjukkan bahwa Megawaati tak menutup pintu komunikasi meski masih belum berkenan menjalin hubungan.

“Demi menjalin komunikasi itu, Ibu Mega mengutus Mbak Puan. Lihatlah strategi ini. Bahkan untuk sekelas presiden yang dinyatakan menang oleh KPU dan merupakan ketua umum parpol, Ibu Mega mengutus anaknya untuk berkomunikasi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...