Uni Eropa Sepakat Mulai Perundingan Keanggotaan Ukraina

Agustiyanti
15 Desember 2023, 07:21
Uni Eropa, ukraina
Pixabay
Ilustrasi. Para pemimpin Uni Eropa masih harus memutuskan proposal untuk memberikan bantuan keuangan penting kepada Ukraina sebesar 50 miliar euro, selain membahas perundingan keanggotaan negara tersebut.

Para pemimpin Uni Eropa membuat keputusan bersejarah pada Kamis (13/12) untuk membuka perundingan terkait keanggotaan Ukraina. Keputusan pada pertemuan puncak di Brussel  ini membawa Ukraina selangkah lebih dekat ke tujuan strategis jangka panjang mereka, yakni menempatkan diri di Barat dan melepaskan diri dari orbit Moskow.

Mengutip Reuters, Uni Eropa mengambil keputusan tersebut dengan cara yang sangat tidak lazim: Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, yang membina hubungan dekat dengan Moskow setuju meninggalkan ruangan ketika rekan-rekannya dari 26 anggota UE lainnya menyetujui langkah baru itu.

Langkah ini dilakukan pada saat yang kritis bagi Ukraina, setelah serangan balasannya terhadap pasukan Rusia gagal menghasilkan keuntungan besar dan Presiden AS Joe Biden sejauh ini tidak mampu mendapatkan paket bantuan senilai US$60 miliar untuk Kyiv melalui Kongres AS.

"Ini adalah kemenangan bagi Ukraina. Kemenangan bagi seluruh Eropa. Kemenangan yang memotivasi, menginspirasi, dan menguatkan," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, seperti dikutip dari Reuters.

Para diplomat dan pejabat Uni Eropa mengatakan, Kanselir Jerman Olaf Scholz memainkan peran penting dalam membuat Orban meninggalkan ruangan untuk membuka jalan bagi pengambilan keputusan. Scholz mengatakan keputusan itu merupakan tanda dukungan yang kuat terhadap Ukraina.

Para pemimpin Uni Eropa juga menyetujui pembicaraan aksesi dengan bekas republik Soviet lainnya, Moldova dan memberikan status calon anggota kepada negara lain, Georgia.

“Jelas bahwa negara-negara ini termasuk dalam keluarga Eropa,” kata Scholz di platform media sosial X.

Para pemimpin mengatakan mereka juga akan memulai pembicaraan keanggotaan dengan Bosnia setelah negara tersebut melakukan reformasi politik tertentu.

Para pemimpin Uni Eropa masih harus memutuskan proposal untuk memberikan bantuan keuangan penting kepada Ukraina sebesar 50 miliar euro. Orban sebelumnya keberatan dengan rencana itu.

Orban juga tetap mempertahankan keberatannya terhadap perundingan keanggotaan Ukraina bahkan setelah keputusan diambil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...