Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil Kaya Vitamin dan Nutrisi

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 11:22
Ilustrasi Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil
pixabay.com
Ilustrasi Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil

Kita semua tahu bahwa buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk ibu hamil. Dalam rangka memenuhi nutrisi untuk ibu dan calon anaknya, maka konsumsi sayuran dan buah untuk ibu hamil merupakan sebuah keharusan.

Meskipun ada buah yang dilarang untuk ibu hamil, namun secara umum buah dan sayuran memiliki nilai gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ada banyak sekali pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah-buahan ini mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi setiap saat. Apa saja buah-buahan tersebut?

1. Alpukat

Buah musiman yang satu ini memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Biasanya buah ini dikonsumsi untuk produk olahan jus atau mencampurnya dengan bahan makanan lain. Selain rasanya enak, alpukat mengandung banyak vitamin yang baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin K, lemak tak jenuh tunggal, vitamin B, serat, tembaga, dan kalium sangat bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil.

Buah ini dipercaya bisa menjadi sumber energi serta mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf bayi. Selain itu, alpukat juga bisa meningkatkan produksi sel pembentuk kulit dan otak pada bayi. Kalium yang terdapat di dalam alpukat juga bisa menyebabkan kaki kram yang biasanya dikeluhkan para ibu hamil.

2. Jeruk

Buah untuk ibu hamil berikutnya yang memiliki banyak kandungan nutrisi yaitu jeruk. Buah berwarna orange ini memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan air yang baik untuk menjaga kesehatan ibu saat sedang hamil. Vitamin C yang ada di dalam buah ini bisa mencegah terjadinya kerusakan sel serta membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih mudah dan cepat. Asam folat yang terkandung di dalam buah ini juga bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

3. Mangga

Buah tropis ini juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan vitamin A dan C dalam buah ini cukup tinggi. Bahkan diketahui dalam satu cangkir mangga bisa menyediakan 100 persen kebutuhan vitamin C harian dan lebih dari sepertiga vitamin A harian. Kedua vitamin tersebut juga sangat dibutuhkan bayi dalam kandungan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Jambu Biji

Jambu biji menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil berikutnya. Di Indonesia, menemukan buah yang satu ini tidaklah sulit. Tak perlu menunggu musim buah, sebab buah jambu biji ini biasanya di tanam di pekarangan rumah dan bisa dipanen kapan saja. Nutrisi yang ada di dalam jambu biji diantaranya vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isflavonoid, dan asam folat. Jambu biji ini dipercaya bisa merelaksasikan otot, melancarkan pencernaan, hingga mengurangi sembelit. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus segar.

5. Pir

Buah ini terkenal dengan kandungan airnya yang sangat banyak. Namun selain air, masih ada nutrsi seperti serat, asam folat, dan kalium yang baik untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil. Kalium di dalam pir berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan merangsang regenerasi sel. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam pembuatan sop buah.

6. Pisang

Sudah bukan rahasia lagi, jika buah yang satu ini memang kaya akan gizi. Kandungan vitamin C, vitamin B6, serat, dan kalium yang ada di dalam buah ini baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungan. Serat yang tinggi bisa mecegah sembelit, dan vitamin B6 bisa mengatasi mual dan muntah di trimester pertama kehamilan.

7. Anggur

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya yaitu anggur. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, anti oksidan, serat, pektin, dan asam organik. Antioksidan yang ada di dalam anggur inilah yang mampu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil, dengan demikian ibu hamil tidak mudah sakit.

8. Semangka

Buah yang biasanya dikonsumi saat musim panas ini juga menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil. Semangka bisa membantu memenuhi cairan pada ibu hamil. Cairan di dalam tubuh sangat diperlukan untuk menjaga air ketuban dan membantu dalam perkembangan bayi. Semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

9. Apel

Apel memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Ada vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium yang juga baik untuk menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Apel dipercaya mampu meminimalisir bayi terkena asma dan alergi lainnya. Anda bisa konsumsi apel secara langsung, diolah menjadi jus, atau produk olahan lainnya yang tak kalah lezat.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...