5 Jenis Kucing Persia Berdasarkan Variasi Warna dan Corak Bulu

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2021, 14:05
Gambar kucing Persia
pixabay.com

Kucing termasuk hewan peliharaan favorit manusia. Memiliki wajah menggemaskan, kucing juga memiliki bulu lembut, dan jinak. Di Indonesia, ada berbagai kucing yang dipelihara, salah satunya kucing ras Persia. Kucing ini memiliki sifat pendiam, dan cenderung malas.

Kucing Persia memiliki ciri-ciri bulu panjang, hidung pendek, dan wajahnya bulat. Karakteristik lainnya ada pada telinga kecil dan kakinya yang pendek. Kucing Persia asli berasal dari Iran dan Turki, kemudian dikembangbiakkan di seluruh dunia.

Ciri - Ciri Kucing Persia

Dari buku Panduan Memelihara Kucing Persia karya Bayu R. Susetyo, kucing ras ini memiliki ciri menonjol di bagian mata, bulu, dan hidung. Berikut morfologi Kucing Persia:

1. Bulu tebal

Jenis kucing ini memiliki bulu panjang atau long hair. Tekstur bulu Persia halus, lembut, dan berkilau. Panjang bulu sekitar 5-15 cm dan menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah.

2. Mata bulat dan berwarna cerah

Kucing Persia memiliki ciri mata bulat, lebar, dan berwarna cerah. Jarak antar mata relatif berjauhan. Warna bola mata juga menyesuaikan warna bulu kucing. Contohnya, warna mata hijau ada pada Kucing Persia berbulu perak, dan keemasan.

Ada juga kucing yang memiliki warna berbeda di kedua mata disebut odd eye. Kucing Persia odd eye biasanya berbulu putih. Kedua mata kucing berwarna biru dan kuning bersamaan. Selain Kucing Persia, odd eye ada pada jenis kucing ras lain.

3. Hidung pesek

Kucing Persia cenderung memiliki hidung pendek, pesek, dan berukuran kecil. Ada juga jenis Kucing Persia yang memiliki hidung lebih panjang. Bagian hidung kucing berada di pangkal dan tampak memiliki belahan.

4. Telinga kecil

Kucing asal Turki ini memiliki telinga berukuran kecil dan ujung membulat. Jarak antar telinga relatif jauh. Bagian pangkal telinga tidak terlalu terbuka, sedangkan di bagian ujung melengkung dan menghadap ke bawah.

5. Kepala berukuran besar

Persia memiliki kepala berukuran besar, melingkar, atau melengkung menyerupai kubah. Struktur wajah dan tengkorak besar dan kokoh. Bagian dahi kucing bulat dan tulang pipi menonjol. Bagian dagu bulat, kuat, dan tidak terlalu rendah. Sementara bagian rahang besar dan kuat.

6. Kaki pendek

Umumnya kucing ini memiliki kaki pendek, tebal, gemuk, dan bulat. Kaki lurus dan telapak datar dan besar. Tulang kaki relatif kuat dan memiliki bulu panjang di antara jari-jari kaki.

7. Ekor panjang dan berbulu tebal

Kucing Persia memiliki ekor tebal dan lurus. Bagian ekor ini memiliki bulu tebal dan proporsional sesuai tubuh.

8. Badan bulat

Umumnya Kucing Persia memiliki tubuh bulat, pendek, dan bertubuh besar. Kucing ini disebut tipe cobby  yang memiliki kaki pendek besar, pundak lebar, dan kepala melingkar.

Jenis Kucing Persia

Ada 5 jenis Kucing Persia antara lain Persia Eksotis Short Hair, Persia Himalaya, Persia Medium, Peaknose, dan Flatnose. Kelima jenis Persia ini banyak dipelihara di Indonesia. 

Berdasarkan warna bulu, Kucing Persia dibedakan menjadi solid colour (satu warna), bicolor (dua warna), tricolor atau calico (tiga warna), tabby (belang), dan colourpoint (kucing kawin silang).

1. Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose
Kucing Persia Peaknose (pixabay.com/deliabertola)

Harga Kucing Persia Peaknose paling mahal di antara kucing lain. Mengutip laman Kucingpersia.co.id, kucing berumur tiga bulan yang belum divaksin harganya mencapai Rp 6,5 juta. Sedangkan kucing berusia enam bulan dan sudah divaksin sekitar Rp 12 jutaan.

Melansir dari Gramedia.com, Peaknose memiliki ciri khas yaitu hidung paling pesek dibanding yang lain.  Wajah Peaknose terlihat cemberut dan menggemaskan. Kucing ini dibagi menjadi dua jenis yaitu Peaknose biasa dan Peaknose Extreme. Keduanya terletak pada ukuran hidung. Semakin pesek hidung kucing, semakin mahal harganya.

2. Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium
Kucing Persia Medium (pixabay.com)

Ciri-ciri kucing ini memiliki hidung lebih lancip daripada Persia lain. Tetapi Persia Medium tetap memiliki hidung kecil yang berbeda dari jenis kucing ras lain.  Hewan peliharaan ini merupakan hasil perkawinan silang antara Persia asli dan kucing lokal.

Persia Medium umumnya banyak dipelihara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Kucing ini memiliki tubuh besar, wajah bulat, telinga pendek, dan kaki besar. Harga Persia Medium umur 1 bulan yang belum divaksin sekitar Rp 850 ribu sampai Rp 1,65 juta. Sedangkan kucing berusia enam bulan yang belum divaksin rentang harganya Rp 600 ribu sampai Rp 2,5 juta.

3. Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose
Kucing Persia Flatnose (pixabay.com)

Kucing ini punya ciri-ciri sama dengan Persia Peaknose yaitu hidung pesek. Namun, Persia Flatnose memiliki wajah lebih kotak, mata lebih bulat, dan kaki lebih pendek. Ukuran telinganya pun lebih kecil dan hampir tidak terlihat, karena tertutup bulu tebal di sekitar wajah.

Kucing ini memiliki wajah gemuk dan pendek. Persia Flatnose lebih aktif dan suka memanjat. Rentang harga kucing ini hampir sama dengan Persia Peaknose. Kucing berumur tiga bulan yang belum divaksin rentang dibanderol dengan harga sekitar Rp 4,5 juta sampai Rp 5,9 juta.

Kucing tiga bulan yang sudah divaksin harganya mencapai Rp 8 juta hingga Rp 9 jutaan. Sedangkan kucing berusia enam bulan yang belum divaksin rentang harganya Rp 9,5 juta sampai Rp 10 jutaan. Kucing Flatnose usia enam bulan yang sudah divaksin sekitar Rp 11 juta hingga Rp 12 jutaan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...