10 Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal yang Harus Diketahui

Siti Nur Aeni
27 Desember 2021, 15:15
10 Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal yang Harus Diketahui
pixabay.com
Salah satu makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal

Makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal bisa menjadi pilihan makanan sehari-hari. Ginjal merupakan organ yang berperan penting bagi tubuh. Maka dari itu, kita perlu menjaga fungsi dari organ ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Makanan untuk Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal yang sehat membutuhkan nutrisi yang cukup agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Sebenarnya hampir seluruh makanan mengandung nutrisi untuk tubuh. Namun beberapa jenis makanan memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Mengutip dari honestdocs.id, berikut ini beberapa jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal.

1. Kacang Merah

Kacang Merah
Kacang Merah (pixabay.com)

Jenis makanan pertama yang berguna untuk menjaga fungsi ginjal yaitu kacang merah. Makanan ini sudah sejak lama jenis kacang-kacangan dipercaya menjadi obat batu ginjal.

Untuk mendapatkan fungsi dari kacang merah ini, Anda bisa merebusnya selama kurang lebih 6 jam. Setelah itu, biarkan dingin dan minum air rebusan kacang merah tersebut.

2. Susu Kedelai dan Keju

Ilustrasi Susu Kedelai
Ilustrasi Susu Kedelai (Pixabay)

Kita mungkin mengenal fosfor sebagai mineral penting untuk tulang, namun jika kadarnya terlalu tinggi mineral ini bahkan dapat membuat tulang menjadi rapuh.

Ginjal yang sehat akan membuat kadar fosfor menjadi normal. Jika fosfor dalam darah berlebih, maka ginjal akan sulit menyaring. Hal ini yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

Untuk mengurangi fosfor, Anda bisa mengkonsumsi keju dan susu kedelai. Kedua makanan ini diketahui bisa mengurangi kadar fosfor dan dianjurkan untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal. Namun konsumsi keju dan susu kedelai juga tidak boleh berlebih, sebab fosfor juga masih diperlukan oleh tubuh.

3. Beras

Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh
Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh ( Bom taraissara/Pixabay)

Selain fosfor, kalium juga merupakan kalium yang apabila berlebihan dapat menyebabkan gangguan terhadap fungsi ginjal. Meskipun demikian, kalium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot dan saraf.

Maka dari itu, kehadiran organ ginjal memberikan peran untuk mengontrol kelebihan kalium dalam darah. Jika darah mengandung kalium dalam jumlah yang banyak, ginjal akan secara otomatis bekerja untuk menyeimbangkan kadar kalium tersebut.

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu kerja ginjal ini, salah satunya beras. Makanan ini diketahui memiliki kandungan kalium dalam jumlah sedikit. Dengan demikian, ginjal dapat berkerja dengan baik.

4. Ikan

HARGA DAGING DAN IKAN MASIH TINGGI DI DUMAI
Ikan segar yang baik untuk kesehatan ginjal (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.)

Makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal selanjutnya yaitu ikan. Makanan ini mengandung banyak protein dan lemak yang bersifat anti inflamasi.

Kandungan lemak ini bisa membantu tubuh melawan berbagai masalah kesehatan seperti jantung, penyakit ginjal, dan kanker. Anda bisa mengkonsumsi ikan tiga kali seminggu untuk memelihara ginjal dan sistem pencernaan.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...