Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Efektif Tanpa Obat

Siti Nur Aeni
27 Januari 2022, 08:16
Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat
alodokter.com
Ilustrasi sesak nafas

Sesak napas merupakan ganguan pada saluran pernapasan. Masalah ini juga bisa menjadi hal yang membahayakan karena berhubungan dengan organ penting dalam saluran pernapasan.  Maka dari itu, pengetahuan tentang cara mengatasi sesak nafas menjadi hal yang penting.

Penyebab Sesak Nafas

Sebelum mengulas tentang cara meredakan sesak nafas, tak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu penyebab dari gangguan ini. Mengutip dari klikdokter.com, berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab sesak napas.

Advertisement

1. Penyakit asma

Asma adalah salah satu penyebab seseorang mengalami sesak nafas. Umumnya asma dipicu oleh faktor keturunan dan riwayat alergi.

Gangguan pernapasan pada penderita asma sangat beragam. Ada yang bersifat ringan namun ada juga yang berat. Umumnya sesak napas yang terjadi dipicu oleh beberapa hal, misalnya asap, debu, perubahan suhu, hingga saluran pernapasan.

2. Mengalami alergi

Penyebab sesak nafas lainnya yaitu karena alergi. Sesak napas yang dirasakan penderita alergi bisa mengarah ke kondisi syok hingga mengancam jiwa. Kondisi seperti ini umumnya disertai dengan keringat dingin, penurunan kesadaran, dan tekanan darah menurun. Sehingga bagi Anda yang mempunyai alergi, sebaiknya hati-hati apabila muncul keluhan sesak napas.

3. Infeksi di saluran pernapasan

Sesak napas juga bisa disebabkan adanya infeksi. Kondisi ini sering dialami oleh perokok, orang yang terbiasa terkena asap atau polusi, dan kelompok dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Beberapa masalah pernapasan yang disebabkan oleh infeksi antara lain bronkitis, pneumonia, penyakit paru obstruksi kronik (PPOK), dan sinusitis. Kesulitan bernapas juga bisa ditandai dengan gejala seperti demam, batuk, pilek, dan nyeri pada area dada.

4. Gastroesophageal reflux atau GERD

GERD merupakan kondisi saat esofagus mengalami iritasi akibat asam lambung naik. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa terbakar di daerah dada hingga ke kerongkongan. Pada kondisi kronis, sesak napas lebih dominan dibandingkan rasa terbakar tersebut.

Sesak nafas akibat GERD disebabkan adanya aspirasi asam lambung di paru-paru dan terstimulasinya saraf vagus. Akibatnya, terjadi penyempitan pada bronkus yang memunculkan keluhan sesak napas.

5. Gagal jantung

Penyebab sesak nafas lainnya yaitu karena gagal jantung. Kondisi ini terjadi karena irama jantung tidak beraturan, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi yang tidak bisa terkendali. Pada keadaan gagal jantung, sesak napas bisa terjadi saat istirahat atau beraktivitas. Biasanya disertai juga dengan pembengkakan di kedua kaki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement