Cegah Covid-19, Jokowi Minta Pelaku UKM Patuhi Protokol Kesehatan

Dimas Jarot Bayu
24 Agustus 2020, 16:20
Cegah Covid-19, Jokowi Minta Pelaku UKMTetap Patuh Protokol Kesehatan.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/wsj.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020). Jokowi ingkatkan pelaku usaha tetapkan protokol kesehatan cegah penularan Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pelaku usaha kecil dan mikro bisa tetap menerapkan protokol kesehatan ketika menggelar lapak dagangan. Dia juga mengimbau, pelaku usaha kecil dan mikro tetap menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona

Mereka pun harus menjaga jarak dengan para pembeli. Para pelaku usaha kecil dan mikro juga diminta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

“Hindari kerumunan. Jangan sampai hadir di kerumunan-kerumunan dan keramaian,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/8).

Menurutnya, para pelaku usaha kecil dan mikro harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Penerapan protokol kesehatan tersebut wajib dilakukan sampai vaksin virus corona berhasil ditemukan.

Saat ini, vaksin corona buatan PT Bio Farma (Persero) dan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd masih dalam tahap uji klinis fase ketiga. Vaksin tersebut diperkirakan dapat diproduksi mulai awal 2021.

“Setelah nanti ada vaksinasi, silakan (tak menerapkan protokol kesehatan). Kalau sudah keadaannya normal, kita kembali ke normal lagi,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meresmikan pemberian bantuan presiden (banpres) produktif untuk 1 juta pelaku usaha kecil dan mikro. Masing-masing pelaku usaha kecil dan mikro mendapatkan dana sebesar Rp 2,4 juta.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...