PSBB Efektif Turunkan Tingkat Hunian RS Rujukan Covid-19

Image title
2 November 2020, 16:42
psbb, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Petugas dengan alat pelindung diri berdiri di salah satu beranda di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020). Tingkat keterisian RS rujukan Covid-19 terus turun.

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) cukup efektif menekan penularan virus corona. Tingkat hunian di rumah sakit rujukan Covid-19 pun menurun.

Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Tugas Ratmono, mengatakan jumlah pasien terinfeksi virus corona terus menurun sejak satu bulan lalu. Tingkat hunian di Tower 6 & 7 untuk pasien gejala ringan dan sedang saat ini turun menjadi 36,3%. Padahal, posisi akhir September 2020 mencapai lebih dari 80%.

Begitu juga pasien isolasi mandiri di Tower 4 & 5 yang awalnya mencapai di atas 80% turun menjadi sekitar 23,4%. Salah satu faktornya yaitu pemberlakuan PSBB. 

Menurut Tugas, masyarakat menjadi lebih disiplin protokol kesehatan karena pemberlakuan PSBB. Hal itu pun menurunkan tingkat penularan virus corona. 

"Semoga ini terus diberlakukan, sehingga masyarakat disiplin protokol kesehatan," ujar Tugas dalam konferensi pers daring pada Senin (2/11). 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...