Jokowi Bakal Buka Wisata untuk Asing Mulai Juni 2021

Rizky Alika
18 Maret 2021, 14:28
Pedagang kaki lima menata dagangannya usai mengikuti vaksinasi di Malioboro, Yogyakarta, Jumat (5/2/2021). Presiden Joko Widodo berharap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi para pedagang kaki lima Malioboro dan pedagang Pasar Beringharjo dapat mengembalik
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Pedagang kaki lima menata dagangannya usai mengikuti vaksinasi di Malioboro, Yogyakarta, Jumat (5/2/2021). Presiden Joko Widodo berharap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi para pedagang kaki lima Malioboro dan pedagang Pasar Beringharjo dapat mengembalikan geliat industri pariwisata di Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo berencana membuka pariwisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) mulai Juni mendatang. Rencana ini akan dilakukan bila angka penularan Covid-19 dalam kondisi terkendali.

"Ini mengutip dari Bapak Presiden, kalau semua angkanya kondusif, kalau semua patuh, dan kita mendapatkan reciprocity dari negara sahabat, mudah-mudahan Juni-Juli kita bisa mulai untuk wisman," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam Pembukaan Rakernas I Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) 2021 di Jakarta, Kamis (18/3).

Menurutnya, pembukaan pariwisata untuk wisman akan diawali dengan tahap uji coba. Rencana ini dilakukan seiring dengan program vaksinasi yang didorong pemerintah, terutama di Bali.

Sebagai destinasi tulang punggung, Bali akan mendapatkan jatah 2 juta-2,5 juta vaksin Covid-19 sebelum Juli. Oleh karena itu, kepercayaan diri masyarakat diharapkan meningkat karena vaksin virus corona.

Selain vaksin, penerapan protokol kesehatan akan diperketat, serta pengetesan dan penelusuran kasus Covid-19 bakal diperkuat. Tidak hanya wisman, upaya ini diharapkan bisa mendorong wisatawan nusantara untuk mengunjungi Pulau Dewata.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi massal telah dilakukan kepada para pelaku industri pariwisata, pimpinan umat beragama, perwakilan budayawan, perwakilan pemuda, dan masyarakat umum Bali. Oleh karenanya, Jokowi berencana untuk membuka pariwisata Bali secara bertahap.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...