Mau Kuliah di Korsel? Ini Cara Raih Beasiswa Profesor untuk S2 dan S3

Tia Dwitiani Komalasari
24 Juli 2022, 16:03
zigi korea
Katadata

Maraknya serial drama dan musik Korea Selatan membuat banyak generasi muda Indonesia penasaran akan budaya negara tersebut. Tak sedikit dari mereka yang bahkan penasaran untuk merasakan tinggal di negeri ginseng itu.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk memiliki pengalaman hidup di Korea Selatan adalah dengan kuliah di sana. Berita baiknya, sudah banyak beasiswa yang bisa diraih mahasiswa Indonesia jika ingin melanjutkan kuliah ke Korea Selatan.

Salah satu mahasiswa Chungnam National University asal Indonesia, Aulia Rizkiana, membagikan pengalamannya meraih beasiswa di Korea Selatan. Dia mengatakan, banyak orang Indonesia yang mengetahui bahwa beasiswa kuliah di Koreal Selatan hanya melalui Global Korea Scolarship.

Padahal ada cara lain untuk mendapatkan beasiswa, salah satunya yaitu melalui Brain Korea 21 (BK21). Beasiswa ini sama-sama diberikan oleh pemerintah Korea Selatan, namunBeasis  langsung diberikan pada universitas untuk disalurkan pada mahasiswa.

"Saya ikut s2 beasiswa profesor. Jadi yang membiayai adalah profesor, tapi di bawah BK21 scolarship," ujarnya pada Talshow Zigi Korean Day bertajuk "Diaspora in Korea to the Next Level", Minggu (24/7).

Aulia pun membagikan pengalamannya untuk meraih beasiswa profesor ini. Berikut tahapan yang harus dilalui:
1. Tentukan jurusan dan universitas yang ingin didaftarkan

2.  Cari profesor yang akan menjadi sponsor untuk beasiswamu sesuai dengan minat jurusan yang diinginkan. Caranya dengan membuka website universitas. Di sana, biasanya terdapat daftar profesor dan alamat email yang bisa kamu hubungi.

3. Kirimkan email perkenalan kepada profesor yang akan memberikan sponsor.  Jangan lupa untuk melampirkan curiculum vitae, pencapaian riset, dan juga menyampaikan apa saja yang ingin dicapai saat menjadi asisten di laboratorium profesor tersebut.

4. Jika profesor tertarik pada profilmu, dia akan membalas email dan melakukan interview.

5. Jika lolos interview, kamu bisa mendaftarkan diri ke universitas. Aulia mengatakan, pendaftaran di universitas ini akan sama dengan jalur umum. Namun demikian, profesor akan memberi surat rekomendasi bahwa calon mahasiswa telah diterima di laboratoriumnya.

Aulia mengatakan, beasiswa ini bisa digunakan untuk menempuh pendidikan S2 atau S3. Jika pencapaianmu bagus, tak jarang profesor pun langsung menawarkan untuk melanjutkan beasiswa ke jenjang selanjutnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...