Memahami Rumus Rotasi Matematika dan Pembahasan Soalnya

Dwi Latifatul Fajri
12 Oktober 2022, 12:41
Mengenal rumus rotasi matematika
Pexels.com/Deepak Gautam
Ilustrasi Soal Matematika

Konsep rotasi ada dalam pelajaran Matematika sekolah dasar. Rotasi berhubungan dengan konsep transformasi geometri. Transformasi dan geometri merupakan cabang ilmu matematika.

Rotasi adalah transformasi gerakan benda dengan cara memutar pada pusat tertentu. Rotasi ini tidak mengubah bentuk dan ukuran suatu benda. Ada tiga macam rumus rotasi yaitu rumus rotasi 900, 1800 dan 2700.

Pengertian Rotasi 

Rotasi adalah benda yang berputar pada porosnya. Rotasi berhubungan dengan transformasi yaitu cabang ilmu matematika tentang garis, sudut, bidang, dan ruang. Transformasi geometri ini merupakan proses penentuan titik-titik baru suatu bangun.

Dalam buku Handout Rotasi dan Dilatasi, rotasi adalah transformasi yang memindahkan suatu titik bangun geometri. Caranya memutar titik tersebut terhadap titik pusat.

Contoh sederhana dari rotasi yaitu roda yang bergerak. Konsep rotasi mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lain yaitu jarum jam, kipas angin, rotasi bumi, dan benda yang bergerak sesuai poros.

Dalam rotasi, proses searah jarum jam diberi tanda negatif (-). Sedangkan proses berlawanan arah jarum jam diberi tanda (+). Untuk menyelesaikan soal tentang rotasi, kamu perlu menentukan titik pusat (0,0). Rumus rotasi titik pusat (0,0) berbeda dengan rumus yang dipakai untuk titik pusat (2,1).

Rumus Rotasi

Mengutip dari Zenius.net, rumus rotasi dibagi menjadi tiga, yaitu rotasi 900, 1800, dan 2700. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Rotasi 900 Titik Pusat (A,B)

yˡ – b = x – a

yˡ = x – a + b

a – xˡ = y – b

xˡ = -y + a + b

(x, y) → (xˡ, yˡ) = (-y + a+ b, x – a + b)

(x, y) → (xˡ, yˡ) = (-y + (a + b), x – (a + b))

2. Rotasi 1800 Titik Pusat (A, B)

a – xˡ = x – a

xˡ = -x + a + a

xˡ = -x + 2a

b – yˡ = y – b

yˡ = -y + b + b

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...