Investor Serbu SUN di Akhir Tahun, Penawaran Tembus Rp 30,32 Triliun

Abdul Azis Said
23 November 2022, 09:05
SUN
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ilustrasi investor membeli surat utang secara online

Minat investor terhadap lelang Surat Utang negara (SUN) mulai meningkat di tengah sentimen kenaikan suku bunga bank sentral AS, The Fed masih bertahan di pasar. Hal ini tercermin dari nominal incoming bids alias penawaran yang masuk pada lelang SUN kedua bulan ini. 

Direktur SUN Direktorat Jenderal Pengelolaan pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Deni Ridwan dalam keterangan tertulis mengatakan jumlah penawaran SUN yang masuk mencapai Rp 30,32 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan lelang sebelumnya Rp 23 triliun.

"Investor optimis kondisi pasar akan membaik seiring dengan ekspektasi berkurangnya sikap hawkish The Fed pasca penurunan tingkat inflasi di AS, dan kenaikan suku bunga BI yang telah diantisipasi pasar," kata Deni seperti dikutip Rabu (23/11).

Menurut Deni, optimisme investor juga ditopang oleh data domestik yang positif. Data neraca perdagangan Indonesia menunjukkan kenaikan surplus pada bulan Oktober menjadi US$ 5,67 miliar, dari bulan sebelumnya US$ 4,99 miliar.

Minat asing juga terpantau meningkat. Hal ini tercermin dari penawaran yang masuk pada lelang kemarin mencapai Rp 6,4 triliun, naik 77% dibandingkan lelang sebelumnya. Mayoritas dari mereka berminat membeli SUN tenor 11 dan 21 tahun, dengan total penawaran mencapai 66 dari total penawaran asing yang masuk.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...