Jokowi Waspada, Indonesia Ranking 3 Negara Paling Rawan Bencana

Andi M. Arief
2 Maret 2023, 11:29
jokowi, bencana alam, bencana
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap bencana alam. Pasalnya, Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar negara rawan bencana.

Ranking tersebut berdasarkan laporan World Risk Report 2022 yang dirilis Bündnis Entwicklung Hilft dan IFHV of the Ruhr-University Bochum pada Desember 2022 lalu.

Jokowi mengatakan frekuensi bencana di dalam negeri naik 81 persen selama 12 tahun terakhir. Secara rinci, jumlah kejadian bencana alam pada 2010 sebanyak 1.945 kali, sedangkan pada 2022 naik menjadi 3.544 kali.

"Kita ini tidak hanya urusan banjir, gunung meletus, tan tanah longsor. Lebih sering gempa bumi dan bencana non alam lainnya yang kita hadapi," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (2/3).

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar masyarakat siaga dan waspada setiap saat di dalam negeri. Alhasil, semua persiapan dalam menghadapi bencana diimbau untuk dikelola dengna baik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai aparat berwajib acap sibuk saat bencana sudah terjadi. Padahal, persiapan sebelum bencana lebih penting dilakukan dibandingkan penanganan pasca bencana.

Makanya, Jokowi menilai edukasi masyarakat terkait langkah antisipasi saat terjadi bencana menjadi penting. Kepala Negara menilai kegiatan tersebut dapat mengurangi korban jiwa maupun kerugian harta saat bencana alam terjadi.

KALEIDOSKOP 2022
Dampak gempa Cianjur, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.)

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 237 peristiwa bencana alam di Indonesia sejak 1 Januari hingga 6 Februari 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...