Kejagung Periksa Johnny G Plate Hari Ini, Usut Manipulasi BTS Kominfo

Ira Guslina Sufa
15 Maret 2023, 08:04
Kejagung periksa Johnny G plate
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (kedua kanan) didampingi Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidus) Kuntadi (kanan) memberikan keterangan usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Kejaksaan Agung kembali memeriksa  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate hari ini, Rabu (15/3). Pemeriksaan dilakukan untuk mendalami sejumlah temuan baru dalam pengusutan perkara dugaan korupsi  penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung BAKTI Kominfo.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan Johnny akan dimintai keterangan dalam perannya sebagai pengguna anggaran. Selain itu Kejaksaan juga mendalami sejauh mana pengawasan yang dilakukan olehnya.

"Di dalam perkara ini, terdapat kemahalan. Jadi kami ingin tahu sejauh mana sih fungsi-fungsi pengawasan itu dilaksanakan," kata Ketut dalam konferensi pers di Kejagung, Senin (13/3).

Direktur penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus atau Jampidsus Kejagung Kuntadi mengatakan hal lain yang akan didalami dari Johnny G Plate adalah mendalami bagaimana eksekusi dari perencanaan pembangunan BTS tersebut. 

Kuntadi menjelaskan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) rencananya dilaksanakan untuk periode lima tahun berturut-turut. Namun, dalam pelaksanaannya dilakukan dalam satu periode, yaitu satu tahun.

"Sehingga sebagaimana kita ketahui pelaksanaannya menjadi tidak sesuai dengan rencana," kata Kuntadi.

Manipulasi Kemajuan Proyek

Kuntadi mengatakan, pada pemeriksaan nanti, Kejagung juga akan mendalami manipulasi perkembangan proyek tersebut. Pada pemeriksaan Kejagung menerima laporan bahwa pada dasarnya proyek belum selesai 100 persen. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...