PDIP Siap Gabung Koalisi Besar, Kans Prabowo - Puan Terbuka Lebar?

Ira Guslina Sufa
5 April 2023, 08:35
PDIP
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri depan) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan depan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani menyatakan partainya siap bergabung dengan koalisi besar yang tengah bergulir. Menurut Puan selama ada kesamaan di antara pihak-pihak terkait, PIDP bisa saja bergabung,  

"Koalisi itu sebenarnya bisa dilakukan jika kemudian visi dan misi atau cita-cita dari semuanya bersepakat untuk sama-sama melakukannya," kata Puan kepada wartawan usai Rapat Paripurna DPR, Selasa (4/3). 

Pembentukan Koalisi Besar semula digagas oleh Partai Golkar. Ide ini makin mengerucut setelah lima ketua umum partai pendukung pemerintah bertemu pada Minggu (2/4). Pertemuan yang berlangsung di kantor DPP Partai Amanat Nasional itu dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo. 

Adapun lima pimpinan partai yang hadir adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. Kelima partai sebelumnya terpecah dalam dua koalisi yaitu Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP dan Koalisi Indonesia Raya yang terdiri dari Gerindra dan PKB. 

Usai Pertemuan, Prabowo mengatakan kelima pimpinan partai menemukan kesamaan pemikiran mengenai pemilihan presiden 2024 mendatang. Namun Prabowo menyebut pembicaraan belum mengarah pada sosok calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung. 

Lahirnya Koalisi Besar dari pertemuan lima ketua umum partai menurut Puan merupakan hal baik untuk menyambut dinamika politik yang berkembang. Ia menjelaskan absennya PDIP dalam pertemuan tersebut dikarenakan perwakilan partainya berhalangan hadir. Puan memastikan PDIP akan hadir jika ada agenda serupa di lain waktu. 

 "Jadi bukannya tidak diundang, dan bukannya tidak mau hadir. Namun berhalangan hadir pada waktu itu," kata Paun. 

Selain menyatakan sikap setuju dengan adanya rencana wacana koalisi besar, Puan mengatakan PDIP bisa saja menjadi tuan rumah dari pertemuan lanjutan koalisi besar. Dia menyebut Megawati Soekarnoputri bersedia menjadi tuan rumah pertemuan para ketua umum partai politik terkait dengan Pemilu 2024 dan Pilpres 2024. 

Capres dan Cawapres

Pernyataan Puan yang menyatakan partainya bersedia bergabung disambut hangat koalisi besar. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan pintu koalisi terbuka untuk PDIP. 

“Kan kami judulnya membangun koalisi besar. Kalau kemudian pada akhirnya makin besar koalisinya makin bagus," kata Doli di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (23/4). 

Meski demikian, Doli menyebut Golkar menghormati bila PDIP melanjutkan niat untuk membangun poros tunggal dalam pilpres 2024. Sebelumnya dalam sejumlah kesempatan, para petinggi PDIP menyebut partainya konsisten untuk mendukung kader sendiri pada pilpres 2024 mendatang. 

Adapun Airlangga menyebut pembahasan mengenai sosok yang akan diusung sebagai capres dan cawapres koalisi besar akan dibahas pada babak selanjutnya. Saat koalisi besar masih menyamakan persepsi dan membangun kesamaan sikap. 

"Koalisi besar kan kemarin kami sudah bertemu secara silaturahmi, fondasinya sudah kami bahas. Terkait dengan kepemimpinannya, di chapter berikut," kata Airlangga di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/4). 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...