Jokowi Lebaran di Jakarta dan Bogor, Tidak Mudik ke Solo

Andi M. Arief
13 April 2023, 15:13
jokowi, lebaran, jakarta
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kanan) menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo tidak akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 2023 di Solo. Kepala Negara berencana merayakan Lebaran tahun ini di DKI Jakarta.

"Sampai saat ini, saya lebaran di Jakarta dan di Bogor," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (13/4).

Jokowi juga tidak menggelar open house Idul Fitri 2023. Namun Kepala Negara memberikan kesempatan bagi para pejabat untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar. "Saya memberikan keleluasaan untuk semua (pejabat) bisa berjumpa dengan keluarga," kata Jokowi.

Deputi Bidang Protokoler, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan Jokowi meminta kegiatan berkumpul dan silaturahmi dilakukan sangat terbatas. Makanya, Presiden memilih untuk tidak mengadakan Open House.

Sebelumnya, Jokowi melarang para menteri dan kepala lembaga untuk menggelar buka puasa bersama atau bukber. Jokowi menjelaskan keputusan ini diambil untuk mewujudkan semangat kesederhanaan di antara pejabat.

"Arahan ini karena banyak sorotan masyarakat terhadap kehidupan pejabat kita," kata Jokowi dalam pernyataan pers seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Senin (27/3).

Jokowi meminta anggaran yang selama ini digunakan menteri untuk berbuka bersama dialihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Beberapa contohnya adalah santunan untuk fakir, miskin, serta anak yatim piatu.

"Termasuk untuk menggelar pasar murah," kata Jokowi.


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...