PDIP: Pertemuan KIB Usai Deklarasi Ganjar Tanda Bandul Politik Jalan

Ira Guslina Sufa
25 April 2023, 08:44
PDIP
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers usai menggelar rapat internal di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/4/2023).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai pertemuan antara pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu merupakan hal wajar. Apalagi pertemuan antara ketua umum Partai Amanat Nasional. Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan itu berlangsung setelah partainya mengumumkan pencalonan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

"Ya, artinya memang bandul dan konstelasi politik itu memang berubah," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/4). 

Menurut Hasto pengumuman Ganjar sebagai calon presiden telah mengubah konstelasi politik jelang pemilu dan pemilihan presiden 2024. Ia bahkan menyebut dinamika politik yang berubah drastis justru menunjukkan sinyal positif atas pencapresan Ganjar. 

Setelah pengumuman calon presiden, PDIP kata Hasto akan mengintensifkan komunikasi dengan partai politik lain. Ia menyebut PDIP telah membicarakan kemungkinan koalisi dengan sejumlah partai. 

“Setelah Ibu Megawati Soekarnoputri umumkan capres, maka berbagai kontak dengan parpol lain itu juga dilakukan, hanya kami mohon maaf tidak bisa sebutkan," ujar Hasto lagi. 

Ia pun memberikan isyarat seusai Ganjar diumumkan secara resmi sebagai bakal capres dari PDIP akan ada partai lain yang akan menyusul mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah itu. Menurut Hasto, secara bersamaan Megawati pun menyampaikan pesan kepada Ganjar agar menjadi pemimpin yang bijak dan baik. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...