PKS Buka Kans Duetkan Anies - Sandiaga, Ulang Sukses Pilkada Jakarta?

Ade Rosman
8 Mei 2023, 14:53
Anies
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (tengah) didampingi Bendahara Umum PKS Mahfudz Abdurrahman (kiri) dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy (kanan) berjalan saat akan mendaftarkan bakal calon anggota DPR ke Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/5/2023).

Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu membuka peluang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk menjadi pasangan dari bakal calon presiden yang diusung Anies Baswedan. Menurut Syaikhu PKS bisa jadi menjadi partai yang mengusung. 

"Iya sangat mungkin (peluang Anies-Sandi) kalau memang itu bisa diwujudkan ya," kata Syaikhu kepada wartawan di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (8/5).

Ia mengatakan pembicaraan soal kemungkinan menduetkan Anies dan Sandi sudah beberapa kali dibahas di internal partai. Bahkan Syaikhu mengatakan ia sendiri pernah menginisiasi langsung ide tersebut dalam pertemuan di Makassar, Sulawesi Selatan.  Kans duet dimungkinkan karena Anies dan Sandiaga juga pernah berduet di pilkada DKI Jakarta. 

Syaikhu mengungkapkan, kehadiran Sandi dalam kapasitasnya sebagai menteri di beberapa kegiatan mendapat sambutan dari kader partainya yang ada di daerah tersebut. Sehingga, kata Syaikhu, bisa menjadi salah satu bahan pendalaman bilamana memungkinkan untuk dilakukan pendekatan lebih mendalam.

Meski begitu Syaikhu menyebut pembicaraan mengenai pasangan capres dan cawapres masih sangat dinamis. Ia menyebut segala kemungkinan masih mungkin terjadi. 

"Kami di Koalisi Perubahan tentu sepenuhnya sebagai kesepakatan Piagam Koalisi akan menyerahkan masalah cawapres ini kepada Anies," katanya.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (7/5) kemarin, Sandi menyampaikan pujiannya pada PKS. Pada kesempatan tersebut, Sandi menyanjung kader PKS yang dinilainya pantang menyerah. Ia pun mengaku ingin kembali berjuang dengan PKS. 

Di sisi lain, Anies dan Sandiaga pernah berduet ketika menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Pasangan Anies - Sandiaga menang mengakalah kandidata lain. Anies kini telah mengantongi dukungan dari PKS, Partai Demokrat dan Partai Nasional Demokrat. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...