Jokowi Bahas TPPO hingga Investasi dengan Empat Pemimpin ASEAN

Andi M. Arief
9 Mei 2023, 18:04
jokowi, asean, tppo
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di sela KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Selasa (9/5/2023). POOL/

Presiden Joko Widodo telah melakukan empat pertemuan bilateral, yakni dengan Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Timor Leste Taur Matan Ruak, dan PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bilateral pertama dilakukan dengan Perdana Menteri Minh Chinh. Salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut terkait perikanan dan kelautan.

"Presiden menyampaikan agar MoU mengenai kelautan dan perikanan dapat diselesaikan segera," kata Retno dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (9/5).

Sementara itu, pertemuan dengan Perdana Menteri Matan Ruak menekankan pada kerja sama ekonomi. Jokowi menyampaikan pentingnya kerja sama ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Oleh karena itu, Jokowi dan Matan Ruak sepakat membentuk Joint Working Group untuk pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan.

Jokowi menilai investasi antara Indonesia dan Timor Leste mulai tumbuh. Presiden mengusulkan agar segera ada pembahasan terkait perjanjian investasi bilateral dengan Timor Leste.

Retno mencatat KTT ASEAN ke-42 merupakan KTT pertama yang dihadiri oleh Timor Leste. Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung agar Timor Leste mendapatkan status sebagai anggota penuh ASEAN.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...