Poin Pertemuan Puan - AHY dan Pesan Damai dari Megawati

Ira Guslina Sufa
19 Juni 2023, 08:46
Pertemuan Puan - AHY
ANTARA
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah kiri) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY, tengah kanan) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu 18 Juni 2023. ANTARA/Putu Indah Savitri

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (18/6). Pertemuan kedua tokoh dinilai menjadi babak baru lantaran mempertemukan dua petinggi partai yang berada di kubu berseberangan dalam pemerintahan.

Selama hampir 10 tahun, Demokrat merupakan partai yang berada di luar pemerintah. Sedangkan PDIP merupakan partai berkuasa yang menjadi penyokong utama Presiden Joko Widodo. 

Dalam pertemuan itu, Puan didampingi oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto, Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto, politikus PDIP Andreas Hugo Pareira dan Masinton Pasaribu juga turut mendampingi Puan. 

Sementara itu, dari perwakilan Partai Demokrat ada Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya.Juga ada  Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Syarief Hasan, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon, dan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didik Mukrianto.

"Pertemuan ini merupakan momentum yang penting untuk masa depan bangsa, khususnya demokrasi di Indonesia,” ujar Riefky. 

Riefky meyakini bahwa pertemuan AHY dan Puan akan memberikan contoh baik bagi generasi muda, sekaligus menjadi angin segar bagi masa depan perpolitikan Tanah Air. Dia berharap Pemilu 2024 bisa berjalan secara terbuka, jujur, adil, dan demokratis. 

"Dengan niat dan tujuan yang baik, pertemuan Mas AHY dan Mbak Puan ini insyaallah akan membuahkan hasil yang baik pula," kata Riefky.

Apa saja yang dibahas dalam pertemuan AHY - Puan

AHY Kemukakan Politik Rekonsiliasi

Usai bertemu dengan Puan, AHY mengatakan bahwa politik rekonsiliasi sangat dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat. AHY menjelaskan PDIP dan Demokrat merupakan dua partai yang memiliki pengalaman sebagai partai penguasa, sekaligus memiliki pengalaman sebagai partai oposisi.

“Untuk bangsa dan negara, politik rekonsiliasi semacam ini sangat dibutuhkan dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia,” ujar AHY dalam konferensi pers usai pertemuan. 

Menurut AHY dalam pertemuan ia menyinggung  komunikasi dan hubungan antarpartai yang belum bisa berjalan sebaik selama kurun waktu dua dekade terakhir, tepatnya sejak 2004. Ia berharap pertemuan dengan Puan bisa membuka ruang dialog, sehingga bisa mencari solusi, bisa berbicara bersama, walaupun belum pasti pada posisi dan sikap yang sama.

“Silaturahmi tadi tentu tidak hanya membicarakan politik praktis, politik Pemilu 2024, tetapi banyak lagi isu kebangsaan, isu negara, isu rakyat yang bisa kami rajut bersama,” kata AHY.

Menanti Pertemuan Lanjutan 

 Puan mengatakan pertemuan dengan AHY merupakan pertemuan penting dan dinanti. Melalui pertemuan tersebut, PDI Perjuangan dan Demokrat menyepakati bahwa komunikasi politik antara kedua partai tersebut tidak boleh berhenti sampai pertemuan ini.

"Politik itu penuh dengan dinamika, sangat dinamis, jadi untuk bisa mencapai satu titik temu di tengah saja, perlu waktu untuk bicara-bicara terus," kata Puan.

Menurut dia dalam politik akan sulit dibangun kesepahaman bersama bila tidak pernah bertemu. Karena itu, ia berkomitmen untuk melanjutkan pertemuan dengan Demokrat secara intens pada masa mendatang..

"Jadi, ini mungkin pertemuan yang pertama. Akan tetapi, insyaallah, bukan pertemuan yang terakhir," ucap Puan. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...