Erick Bawa Timnas U-17 Berlaga di Luar Negeri Sebelum Piala Dunia

Ira Guslina Sufa
24 Juni 2023, 18:09
PSSI
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali memberikan keterangan pers terkait peluncuran kembali PT Garuda Sepakbola Indonesia (GSI) di Jakarta, Jumat (23/6/2023). PSSI menghidupkan kembali PT Garuda Sepakbola Indonesia yang akan mengelola seluruh aset bisnis PSSI secara profesional, transparan dan akuntabel dengan 95 persen saham dimiliki oleh PSSI dan lima persen oleh Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 akan menjadi momentum bagi persatuan. Orang nomor satu di PSSI itu mengatakan pemerintah daerah, pemerintah pusat, kepolisian, TNI, hingga masyarakat perlu bersatu untuk mensukseskan gelaran dunia itu. 

Erick mengatakan salah satu alasan Federation Internationale De Football Association (FIFA) menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah karena dirasa siap. Penunjukan itu diambil dalam keputusan bersama pada sidang Dewan FIFA yang digelar di Zurich, Swiss, Jumat (23/6). Adapun Piala Dunia U-17 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

“Tentunya dukungan penuh yang kita harapkan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, kepolisian, TNI, dan masyarakat sepak bola,” kata Erick dalam konferensi pers Piala Dunia U-17 2023 di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/6). 

Erick mengatakan semula tuan rumah Piala Dunia U-17 adalah Peru. FIFA kemudian menunjukkan Indonesia menggantikan Peru. Hal itu menurut Erick tidak hanya perlu dirayakan juga harus diperjuangkan. Ia berharap Garuda Muda bisa berbicara banyak di kancah internasional.

“Ini merupakan kesempatan buat Indonesia, rumah kita, panggung kita, untuk Garuda muda bisa mendunia,” ucap Erick.

Untuk persiapan pelaksanaan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan telah berkomunikasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan secara serius tim nasional U-17 sebelum berlaga di Piala Dunia U-17. Erick juga akan fokus menyiapkan tim U-16 dan U-17 untuk menghadapi laga di Piala Dunia. 

Menurut dia PSSI akan melakukan seleksi U-16 dan 17 pada sembilan wilayah untuk memetakan calon pemain yang akan diajak bergabung. Setelah itu tim terpilih akan menjalani Training Camp pada Juli-Agustus. Selanjutnya pada September-Oktober akan dikirim ke luar negeri.

“Sehingga kita harapkan bisa ada beberapa pertandingan persiapan, baik dengan negara-negara Eropa, Asia, Afrika, sehingga mereka tidak kaget di kejuaraan dunia U-17 nanti,” ujar Erick.

Pada kesempatan yang sama Erick juga membeberkan bahwa undian Piala Dunia U-17 akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus. Karena itu PSSI akan menyiapkan diri menjelang pelaksanaan. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...