Top News: Daftar Negara Selevel Indonesia, Sri Mulyani Tolak Usul IMF

Aryo Widhy Wicaksono
5 Juli 2023, 05:50
Suasana gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (31/3/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Suasana gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Bank Dunia mengelompokkan Indonesia kembali dalam jajaran negara berpenghasilan menengah atas atau upper middle income country, dalam kategorisasi terbaru yang mereka keluarkan Juli ini.

Menurut catatan terbaru Bank Dunia, terdapat 53 negara yang masuk dalam daftar kategori negara berpendapatan menengah atas bersama Indonesia.

Pengelompokkan ini mengacu pada rata-rata pendapatan nasional per kapita Indonesia tahun lalu. Menggunakan perhitungan metode atlas, pendapatan per kapita Indonesia mencapai US$ 4.580 atau setara Rp 68,1 juta berdasarkan rata-rata nilai kurs rupiah pada 2022.

Predikat ini sebelumnya Indonesia raih pada 2019. Akan tetapi pandemi Covid-19 yang melanda di 2020, membuat ekonomi menurun sehingga posisinya kembali ke negara berpenghasilan menengah bawah atau lower middle income country.

Berita mengenai daftar negara yang sejajar Indonesia dalam kategori berpenghasilan menengah atas menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Selasa (4/7). Selain itu, simak juga artikel mengenai regulasi pertama di dunia untuk mengatur AI, serta Sri Mulyani yang menolak usulan IMF untuk Indonesia.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Indonesia Jadi Negara Menengah Atas, Ini Daftar Negara yang Selevel

Bank Dunia mengklasifikasikan negara berdasarkan pendapatan per kapita penduduk. Dari klasifikasi tersebut, lembaga ini membuat kategorisasi negara penghasilan rendah, menengah bawah, menengah atas dan penghasilan tinggi.

Data ini akan termutakhirkan setiap 1 Juli dengan menggunakan perhitungan pendapatan nasional bruto atau PNB per kapita dalam dolar AS, berdasarkan metode Atlas.

Metode Atlas menggunakan perhitungan kurs secara khusus, yakni rata-rata nilai tukar suatu negara untuk tahun itu dan dua tahun sebelumnya. Angka tersebut kemudian disesuaikan dengan perbedaan antara tingkat inflasi di negara tersebut, dengan inflasi global.

Hal ini bertujuan mengurangi dampak fluktuasi nilai tukar dalam perbandingan pendapatan nasional lintas negara.

Indonesia juga bukan satu-satunya negara yang berhasil naik kelas pada tahun ini. Bank Dunia menyebut, Ekuador dan Palestina juga berhasil naik kelas ke dalam kelompok negara berpendapatan menengah atas pada tahun ini.

Simak daftar lengkap negara dengan kelompok pendapatan menengah atas seperti Indonesia.

2. Uni Eropa Terbitkan Aturan Penggunaan AI, Ini Daftar Poin Pentingnya

Uni Eropa mengambil langkah besar dengan menetapkan aturan tentang cara perusahaan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Ini merupakan aturan pertama untuk AI di dunia.

Langkah tersebut diharapkan membuka jalan bagi standar penggunaan teknologi global, mulai dari chatbot seperti ChatGPT, hingga prosedur bedah dan deteksi penipuan di bank.

"Kami telah membuat sejarah hari ini," ujar Brando Benifei, Anggota Parlemen Eropa yang menyusun Undang-undang AI Uni Eropa kepada CNN.

Anggota parlemen menyetujui versi draf undang-undang yang akan dinegosiasikan dengan Dewan Uni Eropa dan negara-negara anggota UE sebelum menjadi undang-undang.

"Ketika perusahaan teknologi besar membunyikan alarm kreasi mereka sendiri, Eropa maju dan mengusulkan tanggapan konkret terhadap risiko yang mulai ditimbulkan oleh AI," ujar Benifei.

Simak ulasan lengkap mengenai aturan penggunaan AI di Uni Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...