Top Stories: Jalan RI jadi Negara Kaya, Makelar Kasus BTS Kominfo

Aryo Widhy Wicaksono
6 Juli 2023, 11:07
Suasana gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (31/3/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Suasana gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Bank Dunia setiap 1 Juli memperbarui klasifikasi negara berdasarkan level pendapatan untuk keperluan analisis. Institusi ini mengelompokkan negara ke dalam empat grup, yaitu negara berpendapatan rendah, menengah bawah, menengah atas, dan tinggi.

Tahun ini, Indonesia kembali naik kelas seiring dengan pertumbuhan pendapatan nasional kotor alias GNI per kapita, menggunakan metode Atlas dari Bank Dunia. Metode ini mempertimbangkan fluktuasi nilai tukar dalam tiga tahun terakhir dan perbedaan tingkat inflasi domestik-internasional.

Meski kembali masuk kelompok negara menengah atas. Namun, Indonesia masih berada pada posisi rentan.

Indonesia sebelumnya pernah mendapatkan predikat serupa pada 2019. Akan tetapi pandemi Covid-19 yang melanda di 2020, membuat ekonomi terperosok dan membuat posisi kembali ke negara berpenghasilan menengah bawah atau lower middle income country.

Berita mengenai jalan panjang Indonesia menjadi negara kaya menjadi artikel yang memiliki minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id pada Rabu (6/7). Selain berita ini, simak juga artikel menarik lain seperti kronologi dugaan makelar kasus korupsi BTS Kominfo, dan harapan Presiden Joko Widodo untuk anak muda yang menjadi bonus demogradi pada 2030.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Masuk Negara Menengah Atas, Jalan Panjang Indonesia Jadi Negara Kaya

Menurut Bank Dunia, GNI Indonesia tumbuh 9,8% dibandingkan tahun sebelumnya ke US$ 4.580 per penduduk pada 2022. Level pendapatan ini lebih tinggi 2,5% dari batas minimum terbaru untuk kelompok negara berpendapatan menengah atas.

Indonesia, dalam catatan Badan Pusat Statistik, juga menunjukkan pertumbuhan yang positif tahun ini. Angka produk domestik bruto alias PDB riil naik 5,31% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan tersebut menandai kelanjutan pemulihan dari resesi yang terjadi pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Pada 2020, pembatasan kegiatan masyarakat bermuara ke kontraksi tahunan PDB riil di 2,07%.

Menanggapi laporan Bank Dunia tersebut, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia berada di jalur proses pemulihan pandemi yang cepat.

Lalu bagaimana jalan Indonesia untuk terus maju dan menjadi negara kaya? Simak laporan mengenai Indonesia masuk negara menengah atas dan jalan panjang menjadi negara kaya.

2. Naik Kelas Jadi Negara Menengah Atas, Indonesia Tak Sepenuhnya Untung

Indonesia sudah naik kelas menjadi kelompok negara berpenghasilan menengah atas dalam kategorisasi terbaru Bank Dunia. Meski demikian, Indonesia tidak sepenuhnya akan diuntungkan dari perubahan level tersebut karena beberapa pinjaman maupun bantuan dari internasional kemungkinan berkurang.

Indonesia naik kelas seiring pendapatan per kapita masyarakat yang naik dari US$ 4.140 pada 2021 menjadi US$ 4.580 pada tahun lalu. Kenaikan pendapatan per kapita tersebut membawa Indonesia beranjak dari tahun lalu yang masih dikategorikan negara berpenghasilan menengah bawah menjadi menengah atas.

Menurut Bank Dunia, kinerja itu tak lepas dari pertumbuhan ekonomi yang moncer hingga 5,3% pada tahun lalu.

Kenaikan level ini sempat dipamerkan Presiden Joko Widodo secara langsung belum lama ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyebut hal itu sebagai kabar baik. Menurutnya, perbaikan pada level ekonomi Indonesia itu membuat Indonesia menjadi destinasi menarik bagi investor. Penanaman Modal Asing (PMA) maupun investasi portofolio diharap makin deras masuk ke Indonesia.

Di sisi lain, Ekonom Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia Teuku Riefky menilai tak ada keuntungan yang signifikan dari kenaikan status tersebut., perubahan menjadi negara berpenghasilan menengah atas menurutnya hanya pencapaian dan bukti bahwa pembangunan ekonomi saat ini berjalan sesuai jalur.

Simak analisa mengenai Indonesia tak sepenuhnya untung meski naik kelas jadi negara menengah atas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...