Surya Paloh Santai Jatah Menteri Nasdem Berkurang: Bukan Itu Esensinya

Ade Rosman
18 Juli 2023, 12:53
Surya Paloh
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh menanggapi santai berkurangnya jatah partai di Kabinet Indonesia Maju. Paloh berkeyakinan tidak mempersoalkan keputusan Presiden Joko Widodo menyerahkan kursi Menteri Komunikasi dan Informatika yang ditinggalkan Johnny G Plate kepada pihak di luar partai. 

“Saya berulang kali mengatakan, itu hak prerogatif presiden, memang dia menggunakan hak prerogatifnya dan kami konsisten untuk menghormatinya,” ujar Surya Paloh di kantor DPP Nasdem, Selasa (18/7). 

Paloh mengatakan Presiden boleh saja memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan orang yang duduk di posisi menteri. Hal itu kata dia tidak mempengaruhi sikap Nasdem dalam mendukung pemerintahan. Surya berkeyakinan ukuran komitmen mendukung Jokowi tidak ditentukan oleh jumlah kursi yang diberikan kepada Nasdem. 

“Memang dari awal kami katakan, apa yang menjadi masalah kalau (kursi menteri) berkurang? Bukan itu esensinya,” ujar Paloh lagi. 

Menurut Paloh hal yang terpenting bagi Nasdem dalam mendukung sebuah pemerintahan adalah membangun cerita sukses. Ia menyebut Nasdem tidak terlalu menaruh minat pada persoalan administratif pemerintahan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...