Kementerian PUPR: Hingga Juli, 596 Km Tol Trans-Sumatera Beroperasi

Lona Olavia
30 Juli 2023, 19:54
Kementerian PUPR: Hingga Juli, 596 Km Tol Trans-Sumatera Beroperasi
ANTARA FOTO/Khalis Surry/foc.
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Baitussalam di Aceh Besar, Aceh, Kamis (22/6/2023). Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli-Banda Aceh seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) mulai hari ini resmi beroperasi tanpa dikenakan tarif.

Kementerian PUPR mencatat sebanyak enam ruas Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 596 kilometer (Km) telah beroperasi penuh hingga Juli 2023. Sementara tujuh ruas lainnya sepanjang 361 Km dalam tahap konstruksi.

"Kehadiran jalan tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (30/7).

Kehadiran jalan tol juga akan mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang dilintasi jalan tol.

Salah satu ruas Tol Trans-Sumatera yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo dan telah beroperasi adalah Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung. Jalan tol sepanjang 16,7 Km ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 4,8 triliun. Jalan tol ini juga merupakan bagian dari sirip utama atau koridor pendukung pada ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau sepanjang 95,8 Km.

"Jalan tol mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on off ramp jalan tol," ujar Basuki.

Sedangkan tujuh ruas lain yang masih dalam konstruksi sepanjang 361 Km, yakni ruas tol Indrapura-Kisaran yang memiliki panjang 48 Km dengan progress 85,5% dan target rampung pada 2023.

Selanjutnya ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi sepanjang 143 Km dengan progress 84,26% yang ditargetkan rampung akhir 2023.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...