Ridwan Kamil Beberkan Sederet Jurus Jokowi Atasi Polusi Udara Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2023, 09:10
Wawancara khusus CEO Katadata Metta Dharmasaputra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (22/8/2023).
Katadata/Wahyu Dwi Jayanto
Wawancara khusus CEO Katadata Metta Dharmasaputra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (22/8/2023).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan sejumlah langkah pemerintah pusat dan daerah menyelesaikan polusi di Jakarta dan sekitarnya.  Solusi ini ini merupakan hasil rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo pekan lalu.

Ridwan merupakan salah satu kepala daerah yang hadir dalam rapat tersebut. Dalam rapat tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sempat menjelaskan 70% penyebab polusi udara Jabodetabek berasal dari gas buang kendaraan.

Oleh sebab itu, Jokowi memerintahkan jajaran di bawahnya mencari solusi secara menyeluruh. "Saya sampaikan, arahannya Presiden solusinya komprehensif," kata Ridwan Kamil saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id seperti dikutip pada Rabu (23/8).

Berikut sejumlah solusi yang disiapkan:

WFH

Solusi yang sudah disampaikan dan mulai dijalankan DKI Jakarta adalah membagi separuh ASN untuk bekerja dari rumah. Aparatur yang bisa bekerja dari rumah adalah mereka yang tak mengerjakan hal esensial ataupun terlibat langsung dalam pelayanan masyarakat.

"Saya juga lakukan di Jawa Barat. Kami telah meluncurkan WFH bagi PNS yang tak berinteraksi dengan masyarakat," katanya.

Kendaraan Listrik

Solusi jangka panjang yang disiapkan adalah mengubah kendaraan dinas dari berbahan bakar fosil menjadi listrik. Ridwan mengatakan dirinya telah memulai konversi ini sejak lama.

"Saya sudah memakai mobil listrik tiga tahun ini," katanya.

Scrubber

Meski demikian, konversi bahan bakar kendaraan tak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Oleh sebab itu, pemerintah akan meminta kendaraan yang masih memakai BBM untuk menggunakan scrubber.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...