Asosiasi Media Siber Indonesia Luncurkan Konten Agregator Amsinews

Syahrizal Sidik
23 Agustus 2023, 21:36
Asosiasi Media Siber Indonesia Luncurkan Konten Agregator Amsinews
Dokumentasi AMSI
Peluncuran konten agregator Amsinews oleh AMSI di Bandung, Jawa Barat

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meluncurkan konten agregator Amsinews. Konten agregator ini diharapkan dapat memperluas jangkauan audiens dari anggota AMSI yang saat ini terdiri dari 450 anggota dan tersebar di 27 provinsi di Indonesia, sehingga memiliki potensi besar.

Penanggung Jawab Program Agregator pada Indonesia Digital Conference (IDC) 2023, Suwarjono mengatakan Amsinews merupakan platform 3 in 1 karena mencakup 3 isu yaitu distribusi konten, agensi periklanan, dan sistem konten manajemen. 

Suwarjono berharap, program ini tidak hanya diluncurkan tetapi bisa langsung berjalan dan didukung oleh semua anggota AMSI.  “Pada soft launching ini sekaligus memulai penggabungan sejumlah media yang sudah mendaftar masuk dalam agregator ini,” kata Suwarjono, di Hotel El Royale, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (23/8). 

Ketua Tim Developer Agregator Heru Tjatur menambahkan, tujuan dari agregator ini sebagai upaya untuk berbagi sumber daya, baik dari sisi teknis maupun sumber daya ekonomi. 

"Sumber daya teknis untuk mengelola infrastruktur dan teknologi platform publikasi media. Sumber daya ekonomi untuk menciptakan model bisnis bersama ekosistem ekonomi media digital,” ucap Tjatur. 

Ia memperinci, mekanisme anggota yang tergabung dalam agregator ini akan disediakan CMS media, infrastruktur dan platform. Bahkan akan disiapkan 10 template yang nanti akan bisa dipilih. 

Selain itu, data yang masuk akan ditarik dan dimasukan ke agregator Amsinews.id. Konten di agregator ini nantinya akan didistribusikan melalui widget agregator per kategori atau per isu tertentu.

Untuk diketahui, program IDC dan AMSI Awards adalah bagian dari program kerja sama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...