Megawati Bakal Kumpulkan Parpol Pengusung Ganjar Godok Nama Cawapres

Ade Rosman
31 Agustus 2023, 15:09
Ganjar Pranowo
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Bacapres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kiri) berpamitan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (kanan) saat silahturahmi dan kerja sama Partai Politik di DPP PDIP, Jakarta, Senin (28/8).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mengumpulkan partai pengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Rencana Mega itu diungkapkan Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi.

“Ya itu rencana dalam waktu dekat. Ya mungkin minggu depan," kata Baidowi kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8).

Baidowi mengatakan, rencana duduk bersama di antara partai pengusung Ganjar menyusul bergabungnya Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura ke barisan pendukung Gubernur Jawa Tengah tersebut. Partai lain yang juga telah menyatakan dukungan untuk Ganjar adalah Partai Perindo. 

Ia mengungkapkan dalam pertemuan nantinya akan membahas mengenai kandidat calon wakil presiden pendamping Ganjar. Meski begitu menurut Baidowi pertemuan tersebut belum akan sampai pada putusan final nama cawapres. 

Baidowi menjelaskan, pembahasan mengenai cawapres pendamping Ganjar menjadi urgen lantaran masa pendaftaran pasangan capres dan cawapres kian dekat. Berdasarkan jadwal Komisi Pemilihan Umum pendaftaran capres dan cawapres berlangsung pada 19 Oktober hingga 25 November 2023. 

“Belum harus mengambil keputusan. Paling belanja nama terhadap figur-figur yang kemarin sempat di-endorse disebut si a, si b, si c, nanti ditimbang berat dan ringannya di mana, kurang dan lebihnya di mana, seperti apa,” kata Baidowi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...