Luhut Kaji Beri Elon Musk Golden Visa Setelah Bos ChatGPT Sam Altman

 Zahwa Madjid
6 September 2023, 12:40
Elon Musk
Steve Jurvetson
Elon Musk

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menimbang memberikan golden visa kepada pendiri Tesla, Elon Musk. Sebelumnya, Luhut memberikan golden visa kepada pencipta ChatGPT Sam Altman.

Kebijakan golden visa untuk warga negara asing (WNA) sudah tersedia sejak 30 Agustus lalu. “Golden visa sudah resmi, (untuk Elon Musk) kita lihat nanti,” kata Luhut usai menjadi pembicara pada CEO Forum of ASEAN Bloomberg di Hotel Fairmont, Rabu (6/9).

Pemberian golden visa ini terkait rencana Elon Musk berkunjung ke Indonesia pada Oktober. Rencananya, pemerintah akan menggandeng Starlink, perusahaan milik Elon, untuk menyediakan akses internet di bagian timur Indonesia.

Luhut menjelaskan golden visa akan diberikan kepada orang-orang yang berprestasi dalam bidang ilmu, investasi, dan lainnya. Pemerintah sudah memberikan golden visa kepada pendiri Chat Gpt, Sam Altman.

“Dia (Saml Altman) dapet 10 tahun, sekarang kita lihat lagi orang keren yang punya prestasi dalam bidang ilmu, investasi, dan lainnya,” kata Luhut.

WNA pemegang golden visa dapat menikmati sejumlah manfaat eksklusif, seperti jangka waktu tinggal lebih lama, kemudahan keluar dan masuk Indonesia, serta tidak perlu lagi mengurus Izin Tinggal Terbatas (ITAS) ke kantor imigrasi.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...