Demokrat Sampaikan Dukungan Resmi Usung Prabowo di Pilpres 2024

Ira Guslina Sufa
17 September 2023, 20:00
SBY Sampaikan Dukungan Resmi untuk Prabowo Maju di Pilpres 2024. demokrat
Antara
SBY Sampaikan Dukungan Resmi untuk Prabowo Maju di Pilpres 2024

Partai Demokrat menyampaikan dukungan secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan itu disampaikan secara langsung oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Prabowo di Hambalang, Bogor Jawa Barat, Minggu (17/9). 

Saat menyampaikan dukungan itu, SBY didampingi oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi mengatakan pernyataan dukungan disampaikan SBY dan AHY dalam pertemuan tertutup yang dihadiri oleh petinggi partai pendukung Prabowo. 

“Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Viva Yoga yang juga hadir dalam pertemuan tersebut. 

Pada pertemuan itu Viva mengatakan PAN dipimpin oleh Ketua Umum partai Zulkifli Hasan didampingi sejumlah elit seperti Hatta Rajasa, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Viva mengatakan dalam pertemuan yang sama SBY juga menyampaikan Partai Demokrat merasa nyaman dan “at home” di Koalisi Indonesia Maju karena ada kesamaan cita-cita dan “chemistry”.

Menurut Viva dalam pertemuan tersebut SBY juga memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah kenal lelah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara. Poin penting lain dari pertemuan itu, menurut Viva Yoga, bahwa SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat menyatakan siap turun gunung untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Dalam foto-foto dan video yang dibagikan Viva Yoga, pertemuan itu dihadiri juga oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan pimpinan partai anggota koalisi lainnya, yaitu dari Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, kemudian dari partai-partai lain seperti Partai Garuda, Partai PRIMA, dan Partai Solidaritas Indonesia.

“Tujuannya adalah untuk menyambut kehadiran Pak SBY dan Mas AHY sekaligus menyaksikan pernyataan dukungan kerja sama secara resmi bergabung di Koalisi Indonesia Maju,” kata Viva Yoga.

Walaupun demikian, sejauh ini Partai Demokrat belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai dukungannya kepada Prabowo. Demokrat juga belum mengumumkan keputusan mereka berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Maju.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, saat dihubungi di Jakarta mengatakan keputusan itu akan diumumkan langsung AHY. Ia meminta masyarakat untuk bersabar hingga ada pengumuman resmi. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...