Jokowi Sebut Istana IKN Bisa Tampung 8.000 Orang Saat Upacara HUT RI

Ameidyo Daud Nasution
22 September 2023, 17:59
jokowi, ikn, istana
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau konstruksi Istana Kepresidenan, IKN, Kalimantan Timur, Jumat (22/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah memeriksa progres pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi mengatakan pekerjaan proyek tersebut masih sesuai dengan jadwal.

Jokowi menjelaskan progres Istana Kepresidenan di ibu kota baru mencapai 38% hingga 40%. Targetnya, upacara perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia bisa dilakukan di Istana IKN.

Selain itu, Jokowi menjelaskan besarnya Istana Kepresidenan yang tengah dibangun. Ia mengatakan halaman istana ini lebih besar ketimbang halaman Istana Kepresidenan yang berada di Jakarta.

"Bisa dipakai upacara untuk 8.000 orang, besarnya dua kali (halaman) Istana (Jakarta)," kata Jokowi di Istana Kepresidenan IKN, Kalimantan Timur, Jumat (22/9) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Istana Negara IKN
Istana Negara IKN (Humas Kementerian PUPR)

Nantinya, pemerintah menyiapkan tanaman endemik dan khas Kalimantan di Istana. Tak hanya itu, bunga berwarna merah dan putih juga akan ditanam.

"Terdesain, terencana, dan detail," kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...