SBY hingga Megawati Hadiri Perayaan HUT TNI di Monas

Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2023, 11:22
sby, prabowo, tni
Antara
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada perayaan HUT TNI di Monas, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Sejumlah tokoh menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satunya adalah Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

SBY hadir dengan mengenakan pakaian lengkap TNI Angkatan Darat. Ia duduk di samping Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mengenakan jas berwarna abu-abu.

SBY sebelum berkarir di kabinet pada 2001 merupakan perwira TNI. Jabatan terakhirnya saat itu adalah Kepala Staf Teritorial dengan pangkat Letnan Jenderal.

Selain itu, hadir pula Presiden kelima Megawati Soekarnoputri. Mega yang mengenakan pakaian berwarna biru duduk di samping istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin Wury Estu Handayani.

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri saat perayaan HUT TNI di Monas, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri saat perayaan HUT TNI di Monas, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Nama lain yang hadir adalah Wakil Presiden RI periode 1993-1998 Try Soetrisno. Try sebelum menjadi Wapres merupakan Panglima TNI pada 1988-1993.

Adapun, upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Peringatan HUT tahun ini bertemakan TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

Dalam pidatonya, Presiden mengucapkan ulang tahun kepada TNI. Jokowi juga berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh anggota TNI sebagai benteng terdepan pertahanan negara. 

Tak hanya itu, Jokowi juga memuji TNI yang selalu dipercaya masyarakat. Ia merujuk hasil survei bulan September yang menyatakan kepercayaan kepada TNI mencapai 83% hingga 90%. 

"Untuk dapat terus menjaga kepercayaan tersebut, TNI harus mampu merumuskan langkah-langkah dan strategi konkret ke depan," kata Jokowi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...