Jokowi akan Perketat Impor Mainan, Kosmetik hingga Elektronik

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Oktober 2023, 13:57
jokowi, impor, mainan
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bursa Karbon Indonesia di Jakarta, Selasa (26/9). Foto; Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membatasi porsi impor barang tertentu terhadap sembilan jenis komoditas. Keputusan ini merupakan hasil rapat terbatas yang dipimpin Jokowi hari ini.

Komoditas tersebut terdiri dari mainan anak-anak, perabot elektronik, alas kaki, kosmetik, komoditas tekstil, obat-obatan tradisional, suplemen kesehatan, pakaian jadi dan aksesorisnya serta produk tas.

Langkah tersebut bertujuan untuk menekan distribusi dan sebarang barang impor di pasar tradisional. Regulasi tersebut diharap mampu mengangkat penjualan produk dalam negeri serta menekan laju peningkatan penjualan barang impor di platform e-commerce.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan,  pengetatan impor merupakan respons pemerintah dalam menyikapi fenomena pasar dalam negeri yang belakangan tergerus oleh perdagangan daring via e-commerce.

"Kebijakan ini dilatarbelakangi oleh beberapa keluhan dari asosiasi maupun masyarakat akibat banjirnya barang impor di pasar tradisional," kata Airlangga saat ditemui wartawan usai ratas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...