Pesan SBY ke Prabowo Sebelum Daftar Sebagai Capres ke KPU

Ade Rosman
25 Oktober 2023, 09:26
prabowo, sby, kpu
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat tiba untuk mengikuti Rapimnas Partai Gerindra di The Darmawangsa, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Prabowo Subianto meminta doa restu kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU hari ini (25/10).

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ossy Dermawan mengatakan, SBY menyampaikan rasa hormatnya terhadap Prabowo atas pengambilan keputusan strategis, termasuk dalam penentuan calon wakil presiden alias cawapres.

"Saya memang harus menghormati kedaulatan Pak Prabowo sebagai capres dalam mengambil keputusan-keputusan yang sangat penting," kata Ossy menirukan apa yang disampaikan oleh SBY kepada Prabowo.

SBY menggambarkan kondisi Prabowo saat ini dengan dirinya ketika dua kali mencalonkan diri sebagai presiden.

“Dulu, saat dua kali menjadi capres, saya juga melakukan hal yang sama. Yang paling berkepentingan untuk sukses dalam kontestasi pemilihan presiden ya capres sendiri, bukan orang lain," ujar Ossy yang kembali mengingat apa yang disampaikan oleh SBY.

Ossy menggambarkan, pertemuan itu terjadi dalam suasana yang penuh kekeluargaan di perpustakaan SBY di Cikeas.

Kedatangan Prabowo disambut oleh dirinya, SBY, dan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng.

Ossy mengatakan, pertemuan itu berlangsung dengan cepat karena Prabowo langsung menuju Indonesia Arena, berkumpul bersama partai pengusung dan relawan sebelum mendaftar ke KPU yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...