Ribuan Warga Aksi Bela Palestina di Monas Besok, Dihadiri Menlu Retno

Tia Dwitiani Komalasari
4 November 2023, 16:25
Warga mengibarkan bendera Palestina sebelum menggelar doa bersama di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (2/11/2023). Doa bersama dan penggalangan dana tersebut sebagai wujud kepedulian dan menyerukan kepada PBB agar berperan aktif guna mengakhir
ANTARA FOTO/Ampelsa/YU
Warga mengibarkan bendera Palestina sebelum menggelar doa bersama di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (2/11/2023). Doa bersama dan penggalangan dana tersebut sebagai wujud kepedulian dan menyerukan kepada PBB agar berperan aktif guna mengakhir peperangan dan terciptanya perdamaian di Palestina.

Aksi Bela Palestina akan digelar di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Minggu besok (5/11). Polisi memperkirakan aksi tersebut akan diikuti 3.000 orang warga.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan bahwa kepolisian siap mengamankan aksi Aksi Bela Palestina tersebut.

Dia memperkirakan ada ada 3.000 warga yang mengikuti aksi tersebut. Namun pihaknya masih mendalami potensi perubahan jumlah massa aksi.

"Masih kami dalami. Kalau kemarin itu sekitar dua ribu ke tiga ribu minggu lalu. Mungkin (besok) kurang lebih hampir sama," kata Susatyo, dikutip dari Antara, Sabtu (4/11).

Pihaknya berharap agar aksi berjalan kondusif dan pesan-pesan aksi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ia juga meminta kepada koordinator lapangan (korlap) massa agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama aksi berlangsung.

Mengenai antisipasi akan adanya penyusup dalam aksi tersebut, Susatyo menyebut pihaknya telah melakukan tindakan pre-emtif dan preventif.

Dalam undangan aksi yang didapatkan Katadata.co.id, aksi akan dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga selesai. Peserta diimbau menggunakan baju putih.

Peserta aksi juga diharapkan dapat membawa atribut bendera Palestina dan Indonesia. Peserta diimbau untuk tidak membawa atribut partai politik manapun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...