Profil Pengusaha dalam Daftar Tim Kampanye Prabowo - Gibran di PIlpres

Ira Guslina Sufa
7 November 2023, 07:27
Prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/tom.
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pidato politiknya saat deklarasi sebagai capres dan cawapres yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelum melakukan pendaftaran menuju Gedung KPU di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju resmi terbentuk. Struktur lengkap TKN Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka  diumumkan oleh Sekretaris TKN Nusron Wahid di Jakarta, Senin (6/11). 

Dalam kepengurusan itu, para petinggi partai dari Koalisi Indonesia Maju masuk dalam struktur. Secara keseluruhan terdapat 272 tokoh yang tergabung dalam daftar tim kampanye Prabowo- Gibran. Tak hanya pengurus partai, tim kampanye juga diisi oleh tokoh profesional dari berbagai kalangan termasuk pengusaha. 

Ketua Umum TKN Koalisi Indonesia Maju (TKN KIM) Rosan Roeslani menjelaskan nama-nama itu merupakan rangkuman dari aspirasi semua golongan. Para tokoh mewakili kelompok santri, akademisi, tokoh-tokoh relawan, dan juga partai.

“Diharapkan ini bisa memberi kontribusi positif pada jalannya pesta demokrasi sesuai arahan dari Bapak Prabowo,” kata Rosan saat pengumuman susunan TKN Koalisi Indonesia Maju. 

Dalam acara itu, Gibran Rakabuming Raka, bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi bakal calon presiden Prabowo Subianto, turut hadir. Dia pun memberi pesan kepada para pengurus untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya merasa bangga, saya merasa bersyukur dibantu orang-orang hebat, orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing. Saya pesan satu saja, Bapak, Ibu semua yang tergabung dalam TKN ini saya pesan satu saja, pastikan kapal besar Koalisi Indonesia Maju ini berlabuh di dermaga kemenangan,” kata Gibran Rakabuming Raka di hadapan para pengurus.

Roesan, dalam acara yang sama, lanjut menyampaikan kepengurusan itu masih akan disempurnakan. Nama-nama yang final akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Siapa saja pengusaha yang tergabung dalam tim gemuk TKN Prabowo Gibran? 

Profil Thomas A. M. Djiwandono

Thomas Djiwandono merupakan politikus Partai Gerindra dan merupakan keponakan Prabowo. Ia adalah anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati. Ayahnya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia sedangkan ibunya Bianti adalah kakak kandung Prabowo. Thomas juga merupakan cicit R.M Margono Djojohadikusumo Bank BNI 46 yang kemudian bertransformasi menjadi Bank Indonesia. 

Thomas merupakan lulusan Haverford Colloge, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengambil master di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat. Kariernya dimulai sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada 1993 dan pada 1994 di Indonesia Business Weekly. Selain itu, Thomas pun pernah bekerja sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong.

Pada 2006, kariernya terus meningkat saat pamannya Hashim memintanya membantu di Arsari Group. Ia menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan agrobisnis. Sementara di politik, ia terlibat dalam partai Gerindra. Thomas juga pernah menjadi Caleg di Provinsi Kalimantan Barat. Kini dia menjadi Bendahara Umum dan pengendali keuangan Partai Gerindra.

Selama Pilpres 2014, mengusung pasangan Prabowo-Hatta, peran Thomas sangat penting bagi Koalisi Merah-Putih (KMP) untuk kebutuhan logistik. Thomas serius dan selalu mencatat aktivitas keuangan partai. Di bawah kendalinya Gerindra mendapat penghargaan atas transparansi laporan keuangan dan mendapat penghargaan dari Transparency International Indonesia dan Indonesia Corruption Watch.

Profil Pandu Patria Sjahrir

Pandu merupakan pengusaha yang aktif di pasar modal. Ia menjabat sebagai komisaris Bursa Efek Indonesia. Pandu merupakan salah satu pengusaha batu bara. Ia merupakan Direktur PT TBS Energi Utama dan menjadi ketua umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia periode 2018-2021. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...