Ganjar Yakin Atiqoh Tak Cawe-cawe Urusan Politik Bila Menang Pilpres

Ade Rosman
24 November 2023, 21:42
Ganjar
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/Spt.
Ganjar Pranowo (kanan) memeluk istrinya Siti Atiqoh Supriyanti (tengah) disaksikan putranya Zinedine Alam Ganjar (kiri) pada perpisahan bertajuk Pesta Rakyat Terima Kasih Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjamin istrinya, Siti Atiqoh tak akan ikut campur urusan politik yang ia jalankan bila nanti terpilih menjadi presiden 2024. Ganjar mengatakan, hal itu didasari pada pengalamannya yang telah merasakan beberapa jabatan politik selama ini.

Menurut Ganjar, Atiqoh sudah mendampingi perjalanan politiknya mengemban jabatan publik. Ganjar sebelumnya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat selama sepuluh tahun dan berlanjut menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode. Menurut Ganjar dari dua posisi itu, godaan sebenarnya lebih terbuka bagi Atiqoh untuk ikut cawe-cawe saat ia menjabat gubernur. 

“Nah yang kedua ini dijabatan eksekutif, sebagai istri Gubernur, ujiannya ada di sana. Maka saya sampaikan satu nilai bersama kalau urusan kantor itu adalah urusan suami," kata Ganjar saat mengisi acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit 2023, di Senayan Park, Jakarta, Jumat (24/11).

Ia mencontohkan, saat ia menduduki kursi Gubernur Jawa Tengah, Atiqoh pernah satu kali melewati batasan tersebut. Ganjar menceritakan, ketika itu istrinya pernah diminta bantuan oleh seorang di pemerintahan untuk dipromosikan jabatannya.

"Ada satu kejadian, 'ayah, aku didatangi seseorang, dia sudah kerja cukup lama kayanya perlu diperhatikan, dia minta kalau bisa dipromosikan'. Ya ini adalah statement pertama dan terakhir, nanti akan saya tes dan saya cek, tapi selanjutnya tidak boleh lagi," kata Ganjar menggambarkan.

Ganjar pun mengatakan, selain mengevaluasi pegawai itu, ia pun menekankan pada istrinya untuk tak mengulangi hal serupa. Setelah itu, tambah Ganjar, Atiqoh lebih bisa menempatkan diri dan tak mencampuri urusannya sebagai pemegang jabatan publik. 

Persoalan keterlibatan ibu negara dalam mempengaruhi keputusan politik presiden menjadi perbincangan dalam sebulan terakhir. Terutama setelah putra presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Majunya Gibran sebagai cawapres dinilai banyak pihak tak lepas dari pengaruh Iriana. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...