TPN: Ganjar-Mahfud akan Beri Kejutan saat Debat Capres 12 Desember

Agustiyanti
12 Desember 2023, 06:55
debat capres 12 desember, ganjar, ganjar mahfud
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/rwa.
Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo. Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD disebut memberikan kejutan saat debat capres pada 12 Desember.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU akan menggelar debat calon presiden untuk Pilpres 2024 pertama kalinya pada hari ini, Selasa (12/12). Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, akan ada kejutan yang diberikan Ganjar - Mahfud saat berbicara di panggung debat capres malam ini. 

Aryo menilai,  debat capres akan menjadi jawaban bagi undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan. Ia menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan masih rendahnya elektabilitas pasangan tersebut.

"Dalam situasi, misalnya, menghadapi survei kemarin ya, muncul dari Kompas tentang undecided voters, masih banyak yang galau. Jadi, kami rasa debat ini menjadi salah satu jawaban, nanti masyarakat akan melihat," ujar Seno di Jakarta, Senin (12/12).

Menurutnya, jumlah pemilih yang belum memutuskan atau undecided voters masih cukup besar sehingga dapat menjadi kesempatan bagi pasangan tersebut. Meski demikian, survei Litbang Kompas sebenarnya menyebutkan bahwa sebagian  undecided voters  berdasarkan survei tersebut adalah pemilih dari perkampungan atau yang umumnya tidak menangkap isu-isu elite, atau diartikan pemilih-pemilih yang tidak kritis.

Masukan Masyarakat

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan pasangan calon tersebut juga telah mendapatkan banyak masukan dari masyarakat untuk tema debat perdana. Salah satunya, dari pertemuan dengan para pemimpin redaksi untuk mendapat masukan isu-isu strategis di media.

"Mas Ganjar juga sudah berdiskusi dengan kami di tim, terutama Mas Ganjar menceritakan substansi-substansi yang terkait dengan debat satu tentang politik, hukum, HAM, pemerintahan, yang Mas Ganjar temukan ketika berinteraksi dengan masyarakat di Merauke, Kupang, Rote, Bima, Kendari, Palu, lalu Balikpapan, dan IKN (Ibu Kota Negara)," ujar Andi.

Andi juga mengatakan Ganjar telah mendapatkan banyak saran-saran langsung dari masyarakat yang ditemui tentang tema debat satu tersebut. TPN kemudian mendapatkan saran-saran dari Ganjar yang dibahas sejak Minggu (10/12) dan Senin pagi.

"Kami sudah menyiapkan narasi utama tentang debat satu disesuaikan dengan visi misi, terutama temuan-temuan lapangan yang langsung didapatkan Mas Ganjar selama menjalankan kampanye," ujar Andi.

Survei Litbang Kompas yang dirilis di Jakarta, Senin (11/12) menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran berada di urutan teratas mengungguli pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud.

Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan suara 39,3%, sementara Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan suara 16,7% dan posisi ketiga pasangan Ganjar-Mahfud dengan suara 15,3%. 

Tema Debat Capres

Tema debat perdana capres yang digelar hari ini akan mencakup masalah hukum, hak asasi manusia, pemerintahan, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi. Debat akan digelar di halaman kantor KPU pada hari ini pukul 19.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...